Jenis dan Bahan Baju Jogging yang Nyaman

Jogging merupakan olahraga dengan gerakan lakri-lari kecil atau jalan cepat. Jogging umumnya dilakukan di ruangan terbuka, dan dilakukan pada waktu pagi hari atau sore hari ketika cuaca relatif tidak terlalu panas. Jogging sangat bermanfaat dalam menjaga berat tubuh kita agar tetap ideal. Jogging merupakan olahraga individual yang perlengkapannya cukup simpel, cukup memakai sepatu, baju jogging dan celana, olahraga ini sudah dapat kita lakukan.

Baju berbahan jersey merupakan jenis baju yang paling sering digunakan ketika jogging. Baju berbahan jersey memiliki tekstur yang ringan, sehingga tidak akan memberatkan kita ketika sedang berlari. Jersey juga dangat lembut dan memiliki pori-pori yang tersebar di seluruh bagian baju sehingga tidak akan menampung angin ketika kita sedang berlari kencang. Angin yang ditampung dalam baju akan mengganggu dan menghambar gerakan kita. Maka berlari menggunakan baju berbahan jersey sangat disarankan.

Selain bahan jersey, baju berbahan katun juga banyak digunakan ketika jogging. Bahan katun merupakan bahan yang paling maksimal dalam menyerap keringat. Namun memakai baju berbahan katun tidak disarankan untuk lari jarak jauh, sebab keringat kita akan membasahi seluruh bagian baju dan tertampung dalam waktu yang lama, sehingga baju kita akan terasa semakin berat digunakan. Baju yang berat karena keringat akan membuat kita tidak nyaman.

Jenis baju olahraga lainnya yang sering digunakan ketika jogging adalah bahan  rayon. Olahraga jogging umumnya sering dilakukan di luar rungan yang cuacanya relatif panas. Bahan rayon sangat cocok dan nyaman dikenakan dalam cuaca panas, sebab bahan ini memiliki sifat dingin dan memiliki kemampuan menyerap keringat yang tidak kalah dengan bahan katun.

Baju berjenis workout juga cocok untuk digunakan ketika jogging. Baju ini berbentuk ketat dan menonjolkan lekuk tubuh pemakainya. Baju berjenis workout biasanya berbahan spandex atau lycra yang sangat elastis. Seseorang dengan tubuh atletis biasanya akan sangat percaya diri ketika memakainya. Baju berjenis ini juga dapat menyerap keringat secara maksimal, sehingga ketika berlari kita tidak akan merasa terganggu dengan keringat kita yang mengucur deras.

Pilihlah baju jogging yang memiliki banyak pori-pori terutama di bagian ketiak atau di kedua sisi rusuk. Sudah banyak baju olahraga yang didesain memiliki pori-pori lebar di bagian tubuh yang memproduksi banyak keringat, seperti memberi motif kain jaring-jaring di bagian kedua sisi pinggang. Perkembangan teknologi juga memunculkan penemuan-penemuan baru dalam bidang produksi bahan kain, sehingga bahan kain yang sangat mudah menyerap keringat dan cepat kering setelah menyerap keringat kini dapat dengan mudah kita temukan.

Olahraga jogging akan bermanfaat jika dilakukan dengan teratur dan konsisten. Selain harus konsisten, olahraga ini juga harus ditunjang dengan pakaian yang tepat agar hasil yang diperoleh akan maksimal. Pakailah baju jogging yang ideal dan nyaman, sebab jika kita melakukan jogging dengan perasaan nyaman, hormon stress dalam tubuh kita akan dilepaskan, sehingga tubuh kita akan semakin sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *