Sponsor Jersey Liverpool

Maskapai penerbangan nasional Indonesia, Garuda Indonesia Airlines, tahun ini telah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak sebagai sponsor jersey Liverpool. Kontrak Garuda Indonesia yang telah berjalan selama empat musim sebagai sponsor kit jersey untuk para official club dan latihan Liverpool itu akan berakhir musim ini.

Keputusan Garuda Indonesia untuk tidak memperpanjang kontrak tersebut disebabkan oleh pertimbangan aspek komersial dan finansial yang dirasa pihak Garuda Indonesia tidak cukup menguntungkan. Untuk menampilkan logo Garuda Indonesia di jersey official dan jersey latihan Liverpool, Garuda Indonesia harus merogoh kocek sebesar 9 juta dolar Amerika. Meskipun citra dan branding Garuda Indonesia terangkat dengan menjadi sponsor salah satu klub besar yang berlaga di liga sepak bola paling kompetitif dan digandrungi sejagad ini, namun hal ini tidak sejalan dengan besarnya pemasukan yang diperoleh Garuda Indonesia.

Langkah Garuda Indonesia yang tidak memperpanjang kontrak sebagai sponsor jersey Liverpool diikuti oleh Warrior Sports. Warrior Sports merupakan perusahaan apparel penyuplai jersey tanding Liverpool beberapa musim terakhir. Posisi Warrior Sports sebagai sponsor apparel Liverpool kini diambil alih oleh New Balance, yang sebenarnya masih merupakan induk perusahaan Warrior Sports. Diambil alihnya posisi Warrior oleh New Balance berkaitan dengan upaya perusahaan tersebut untuk merambah pasar Asia dan lebih memperluas jangkauan perusahaan mereka. Kerja sama yang mereka jalin dengan Liverpool diharapkan akan memperkuat basis perusahaan tersebut di Asia.

Baca Juga : Sejarah Kaos Liverpool dari Masa ke Masa

Dengan masuknya New Balance menggantikan Warrior otomatis akan mengubah tampilan jersey tim Liverpool, terutama di bagian dada kanan. Huruf “W” yang merupakan lambang Warrior akan digantikan huruf “NB” yang merupakan logo dari New Balance.

New Balance yang merupakan produsen perlengkapan olahraga yang berasal dari Amerika Serikat mengumumkan bahwa nilai kerjasama yang mereka sepakati mencapai 300 juta pounds. Jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai kontrak Liverpool dengan Warrior Sports yang totalnya hanya bernilai 150 juta pounds atau 25 juta pounds per musimnya. Konon, besarnya nilai kontrak New Balance merupakan yang terbesar yang pernah diberikan sebuah perusahaan apparel kepada Liverpool. Namun, besarnya nilai kontrak antara Liverpool dengan New Balance tersebut masih belum dapat mengalahkan besarnya nilai kontrak antara Mancehster United dengan Adidas yang nilai totalnya mencapai 750 juta pounds.

Bergabungnya New Balance mulai musim 2016/2017 akan melengkapi tampilan sisi depan kaos tim Liverpool dan akan bersanding dengan  Standard Chartered yang menjadi sponsor utama. Standard Chartered yang merupakan sebuah Bank swasta tersebut menggelontorkan dana sebesar 30 juta euro per musim untuk menunjang Liverpool dari sisi finansial.

Patut kita tunggu apakah besarnya subsidi dan nilai kontrak yang diberikan oleh para perusahaan tersebut untuk menjadi sponsor yang logonya akan menghiasi jersey Liverpool akan sama besarnya dengan prestasi yang diraih Liverpool di musim depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *