Manfaat Memakai Baju Senam

Senam merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain untuk menjaga kekebalan tubuh, senam juga dapat meningkatkan stamina dan dapat menurunkan berat badan. Belakangan ini, senam seakan menjadi tren olahraga yang digemari, terutama oleh perempuan khususnya ibu-ibu. Senam menjadi pilihan olahraga yang paling memungkinkan sebab tidak memerlukan banyak beaya dan dapat dilakukan di mana saja. Perlengkapan senam yang dibutuhkan juga terbilang sederhana, yaitu cukup baju senam dan sepatu.

Namun banyak di kalangan ibu-ibu yang enggan menggunakan pakaian senam sebab merasa tidak percaya diri akan bentuk tubuhnya. Baju untuk senam yang kebanyakan bermodel seksi dan dianggap terlalu ketat di tubuh menjadi alasan untuk tidak memakai baju khusus ketika senam dan lebih cenderung menggunakan pakaian olahraga biasa. Padahal, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh jika menggunakan pakaian senam.

Baju senam dirancang khusus untuk menunjang kegiatan senam yang kita lakukan. Setiap lekuk dan bahan pakaian senam dibuat dengan pertimbangan tertentu, yang tentu akan memberi manfaat bagi pemakainya. Bahan baju yang ketat, misalnya, memang sengaja dipilih agar bisa melar menyesuaikan bentuk tubuh si pemakainya, sehingga si pemakainya merasa nyaman. Bahan yang elastis juga dapat menunjang gerakan tubuh yang sangat aktif. Gerakan tubuh pemakainya bisa lebih fleksibel, sehingga tetap dapat melakukan gerakan-gerakan yang sulit tanpa gangguan. Selain itu, bahan ketat sekaligus melar ini dapat menghindari pemakainya dari melarnya anggota tubuh yang sering digerakkan ketika sedang bersenam. Sebagai contoh, melompat-lompat dapat menyebabkan bagian perut menjadi turun bahkan bergelambir. Dengan memakai pakaian senam, gelambir dan melar dapat dihindari.

Baca Juga : Zumba dan Baju Senam yang Harus Digunakan

Anggota tubuh yang aktif dan banyak bergerak ketika senam akan terguncang naik-turun. Jika tidak memakai pakaian senam, tentu hal ini akan membahayakan bagi tubuh, terutama organ dalam. Nah, pakaian senam akan berfungsi menahan organ tubuh yang terguncang tersebut agar tetap terikat. Selain itu, pakaian senam dapat menjaga suhu tubuh kita agar tetap stabil. Perbedaan antara suhu ruangan yang tidak menentu dan suhu tubuh yang cenderung meningkat ketika berolahraga akan dapat dinetralisir. Pakaian senam juga biasanya dilengkapi dengan pori-pori khusus yang akan memudahkan kulit kita untuk mendapatkan sirkulasi udara. Pakaian senam juga dapat meminimalisir cedera ringan yang dapat terjadi sewaktu-waktu ketika tubuh kita sedang aktif bergerak, terutama di bagian persendian.

Bahan pakaian senam yang tepat juga akan meminimalisir iritasi yang kerap terjadi ketika kain bergesekan dengan kulit si pemakainya. Tidak jarang, pakaian yang tidak tepat akan mengakibatkan iritasi. Dengan memakai pakaian khusus senam, iritasi dan rasa gatal yang sering dialami karena terlalu seringnya terjadi gesekan antara kain dengan kulit akan dapat dihindarkan.

Memakai baju senam memang memberikan banyak manfaat bagi pemakainya. Namun satu hal yang harus dipertimbangkan, dalam memilih model pakaian senam, kita harus tetap mempertimbangkan kepantasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *