Manfaat Memakai Jersey Sepeda

Bersepeda merupakan olahraga yang banyak mengeluarkan keringat. Kedua kaki yang terus digerakkan untuk mengayuh pedal sepeda membuat zona motorik pada otak kita menstimulasi organ-organ tubuh lainnya terutama yang memiliki persendian untuk juga ikut aktif. Tidak heran jika keringat kita akan mengucur dari seluruh bagian tubuh ketika kita bersepeda. Maka agar kita bisa bersepeda dengan nyaman, ada baiknya jika kita memilih jersey sepeda yang tepat, yang dapat menunjang kegiatan bersepeda kita.

Jika kegiatan bersepeda kita hanya dilakukan sesekali dan bukan merupakan hal rutin yang kita kerjakan, bersepeda mungkin dapat menggunakan kaos yang sudah biasa kita gunakan sehari-hari. Bersepeda menempuh jarak pendek juga tidak terlalu memerlukan jersey khusus pebalap sepeda sebab keringat yang mengucur dari tubuh masih dalam taraf yang wajar. Namun ketika kita menjadikan balap sepeda sebagai hobi yang serius, atau ketika kita merencanakan bersepeda dalam jarak yang relatif jauh, jersey khusus pebalap tentu sangat kita butuhkan.

Jersey sepeda didesain sedemikian rupa untuk menunjang pesepeda atau pebalap dalam menjalankan kegiatannya. Jersey tersebut sengaja dirancang ketat agar ketika sepeda yang dikendarai sedang melaju dalam kecepatan tinggi, tidak banyak hambatan udara yang masuk ke dalam jersey sehingga tidak mengganggu kecepatan laju sepeda. Bandingkan misalnya dengan kaos yang longgar, udara tentu akan mudah masuk menggelembungkan kaos sehingga laju sepeda menjadi tersendat bahkan keseimbangan si pengendara juga terganggu. Oleh sebab itulah, jersey tersebut didesain aerodinamis. Pola jersey yang bagian belakangnya lebih panjang dibandingkan bagian depan dirancang untuk memudahkan pebalap ketika dalam posisi membungkuk.

Di bagian depan jersey terdapat resleting yang memanjang sampai bagian perut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pebalap sepeda yang sedang gerah atau overheat untuk mendapatkan angin segar. Namun angin yang masuk ketika resleting bagian depan dibuka tidak akan mengganggu laju sepeda, sebab jersey dirancang ketat sesuai bentuk tubuh masing-masing pebalap, sehingga jersey tidak akan membentuk kantong udara ketika kemasukan angin.

Baca Juga :Tips Memilih Jersey Grade Ori

 

Di bagian panel belakang jersey juga disediakan kantong untuk menyimpan botol minum. Posisi pebalap sepeda yang lebih banyak membungkuk ketika sedang mengayuh pedal sepeda membuat botol yang ada di panel belakang akan aman. Berbeda halnya jika kantong botol minuman diletakkan di depan, tentu akan mudah terjatuh dan dapat mengganggu gerak si pebalap.

Salah satu pertimbangan utama para pebalap sepeda dalam menggunakan jersey sepeda adalah bahan atau material yang nyaman dan dapat menunjang balapan. Jersey yang mengandung pola jahitan yang mengganggu ketika menempel di kulit tentu akan dihindari. Jenis kain yang dapat menyerap keringat dan tidak lembab juga akan menjadi prioritas. Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, faktor utama yang menjadi alasan pebalap sepeda dalam menggunakan jersey khusus adalah faktor keselamatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *