Zumba dan Baju Senam yang Harus Digunakan

Para wanita kerap kali berolahraga senam untuk membentuk tubuh agar lebih ideal. Ada banyak jenis senam yang dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, dan ketika senam tentunya para wanita harus menggunakan baju senam agar bisa menunjang tubuh agar bisa bergerak dengan baik.

Ada banyak senam yang biasa dilakukan oleh wanita, baik itu oleh wanita muda yang belum berumah tangga maupun para wanita yang sudah paruh baya. Seperti senam aerobic, senam body language, ada pula senam yang kini sedang tren yaitu senam zumba.

Zumba adalah jenis senam fitness yang berasal dari Kolombia, Zumba diciptakan oleh Alberto Perez, seorang instruktur senam asal Kolombia pada tahun 1990. Di dataran Amerika sendiri, Zumba baru populer pada tahun 2003, dan masuk ke negara Indonesia di tahun 2009.

Perkembangan Zumba di Indonesia terbilang pesat karena senam ini memiliki daya tarik tersendiri. Penggunaan musik yang upbeat dengan gerakan layaknya orang menari membuat pesenam pun semakin bersemangat, dengan begitu pesenam tidak merasa sedang berolahraga melainkan sedang menari dan bersenang-senang.  

Zumba memiliki banyak manfaat, rata-rata gerakan zumba mampu membakar 400-600 kalori hanya dalam waktu satu jam. Zumba memang menggabungkan antara fitness dan tarian sehingga seluruh tubuh pun bergerak sesuai irama namun tetap mempu menyehatkan jantung dan seluruh sendi serta otot di tubuh.

Baca Juga : Manfaat Memakai Baju Senam

Gerakan zumba yang didasarkan pada tarian dan musik, membuat senam ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk juga oleh anak-anak. Bahkan kini pun banyak kelas zumba khusus untuk anak. Zumba memang mudah untuk dipelajari, termasuk juga oleh orang yang sebelumnya tidak mampu menari.

Sebelum berlatih Zumba, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, selain pemanasan yang memang harus dilakukan, dibutuhkan pula baju senam untuk menunjang kelenturan gerakan saat melakukan Zumba.

Untuk memilih baju zumba, sebisa mungkin gunakan bahan yang mampu menyerap keringat dengan cepat, dikarenakan zumba adalah jenis senam yang menghasilkan banyak keringat. Apabila memilih bahan yang tidak mampu menyerap keringat, dikhawatirkan akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Gerakan Zumba yang banyak melompat dan menari membutuhkan pakaian yang lentur dan tidak mudah sobek sehingga tidak mengganggu ketika harus bergerak ke segala penjuru. Selain itu, gunakan pula baju yang ringan sehingga tidak memperberat gerakan ketika melompat atau berpindah tempat dan jangan pernah membuat ikatan baju di bagian pinggang karena hal tersebut bisa menyebabkan terkumpulnya bakteri yang bisa menimbulkan iritasi.  

Memilih baju senam memang sangat penting, karena hal tersebut menjadi salah satu aspek yang mendukung lancar tidaknya gerakan yang kita lakukan. Namun, untuk mendapatkan tubuh ideal, tak hanya baju untuk senam saja yang dibutuhkan, akan tetapi yang paling penting dibutuhkan pula konsistensi agar olahraga senam yang dilakukan tak jadi kegemaran sesaat karena ikut tren belaka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *