Nilai Kontrak Jersey Arsenal

Salah satu klub anggota big five dalam English Premiere League, Arsenal FC, menjadi salah satu klub dengan penjualan jersey terbanyak pada 2015/2016 lalu. Peningkatan penjualan ini selain disebabkan oleh keberhasilan Arsenal FC dalam menjuarai Piala Liga Inggris, juga disebabkan oleh kerja keras Puma yang merupakan sponsor apparel Arsenal FC dalam inovasi pemasaran sehingga jersey Arsenal laku keras.

Puma mulai menjalin kerja sama dan mencapai kesepakatan sebagai produsen olahraga yang akan menyediakan kaus resmi Arsenal FC sejak 2014 silam. Kesepakatan tersebut berhasil memecahkan rekor di Liga Premier Inggris dengan nilai kontrak sebesar 30 juta pound sterling per musim, sebelum kemudian dipecahkan oleh Manchester United yang menjalin kerja sama dengan Adidas pada musim lalu. Bahkan harian terkemuka Inggris The Daily Mail melansir bahwa nilai kerja sama tersebut dapat meningkat hingga 34 juta pound sterling jika dihitung dengan jumlah bonus yang diterima Arsenal FC.

Baca Juga: Sponsor Jersey Liverpool

Tambahan dana segar tersebut terbukti mampu mendongkrak prestasi Arsenal FC pada musim berikutnya. Selain menjuarasi Piala Liga Inggris pada 2015/ 2016, Arsenal juga berhasil menduduki posisi runner-up di English Premiere League. Tidak hanya prestasi di dalam lapangan, klub berjuluk The Gunners ini juga meraih prestasi di luar lapangan, yaitu menduduki sepuluh besar jumlah total penjualan jersey klub. Selain itu, Pendapatan Arsenal FC dari hak siar dan marketing menjadi yang tertinggi di Liga Inggris musim 2015/ 2016 lalu. The Gunners bahkan mengalahkan total pendapatan yang diperoleh Leiceister City yang notabene merupakan Juara English Premiere League musim lalu.

Pendapatan tersebut tentu menambah pundi-pundi keuangan Arsenal FC, yang bisa dipergunakan untuk berburu pemain pada bursa transfer musim panas ini. Jika di musim-musim sebelumnya Arsenal FC dikenal pelit dalam membeli pemain, sepertinya musim ini The Gunners akan sedikit royal. Sinyal akan membeli beberapa pemain top dan mengeluarkan dana besar ini dimulai dengan mendatangkan pemain top asal Swiss, Granit Xhaka.

Dua tahun belakangan ini Arsenal FC memang mendulang banyak uang. Selain kontrak dengan Puma dan pendapatan dari hak siar, pendapatan terbesar Arsenal berasal dari kontrak dengan Emirates. Untuk memasang logo perusahaan mereka (Fly Emirates) di sisi depan jersey Arsenal, maskapai penerbangan asal Uni Emirates Arab tersebut harus menggelontorkan dana sebesar 150 juta pound sterling dengan durasi selama lima musim. Selain menitipkan nama perusahaannya di jersey, Emirates juga membeli hak penamaan stadion yang menjadi markas Arsenal, sehingga Emirates Stadium kini menjadi nama resmi maskas The Gunners.

Melimpahnya pendapatan yang diperoleh Arsenal FC selama dua musim terakhir dan performa tim yang dinilai mulai mengalami peningkatan tentu saja menumbuhkan optimisme di kalangan Gooners, sebutan untuk penggemar Arsenal. Antusiasme itu tidak hanya ditunjukkan dengan memborong jersey Arsenal, namun juga dengan datang ke stadion untuk menyaksikan Arsenal bertanding secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *