Ragam Bahan Jersey di Indonesia

Saat membeli atau membuat jersey, salah satu faktor yang dipertimbangkan selain desain dan ukuran adalah bahan jersey. Ada beragam jenis bahan yang digunakan untuk membuat jersey di Indonesia, dan berikut ini adalah macam-macam jenis kain jersey yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli jersey tim sepak bola kesayangan.

  1. Eleyet

Eleyet disebut juga dengan Dryfit, kain jenis merupakan gabungan dari beberapa kain yang digabung menjadi satu yaitu, kain polyster, kain nilon, dan kain spandex. Kombinasi dari ketiga kain ini pun membuat tekstur kain Eleyet atau Dryfit ini serupa dengan nilon, spandex, serta polyster sehingga sangat cocok apabila digunakan untuk membuat jersey klub bola.

Kelebihan dari jenis kain ini adalah lentur dan tidak kaku, sejuk, serta memiliki daya serap yang tinggi sehingga sangat cocok apabila dikenakan ketika beraktivitas yang mengharuskan melakukan banyak gerakan.

  1. Hyget

Hyget adalah salah satu jenis kain yang cocok untuk dijadikan jersey. Ada dua jenis kain hyget, yaitu Hyget Salur dan Hyget Serena yang mana mempunyai kualitas yang sama-sama bagus. Perbedaannya terletak pada pola kainnya, Hyget Salur mempunyai karakteristik pola lurus yang rapi sehingga sangat mudah untuk mengenali jenis kain ini.

Keunggulan kain hyget yaitu memiliki permukaan berpori-pori sehingga pemakainya tidak merasa kepanasan karena sirkulasi udara kaos yang baik sehingga banyak produsen jersey grade ori yang memakai kain hyget untuk bahan jersey.

Baca Juga: Perkembangan Teknologi Bahan Jersey

  1. Waffer

Mendengar namanya, mungkin hal pertama kali yang kita ingat adalah jenis makanan ringan, akan tetapi ini memang nama unik yang dimiliki sebuah kain. Penamaan ini dikarenakan permukaan kainnya memiliki tekstur yang mirip dengan waffer dengan pori-pori kotak sehingga sirkulasi udaranya lebih lancar, membuat pemakainya pun merasa lebih sejuk.

Selain memiliki sirkulasi yang baik, keunggulan dari jenis kain ini adalah memiliki kelenturan dan tekstur yang lembut sehingga sering dipakai untuk membuat jersey.  

  1. Paragon

Kain Paragon mempunyai permukaan yang mengkilat, sehingga terlihat elegan apabila dikenakan. Tingkat kemewahan yang diciptakan oleh kain paragon ini pun membuat penjualan jersey grade ori berbahan paragon cenderung mahal jika dibandingkan jersey berbahan lainnya.

Selain terlihat elegan, keunggulan lain dari kain Paragon adalah memberikan hasil yang bagus apabila disablon. Meski begitu, kain ini juga memiliki kelemahan yang patut dipertimbangkan, yaitu ketebalan kain membuat sirkulasi udara dan daya serap keringatnya tidak bagus sehingga membuat penggunanya seringkali kepanasan dan tidak nyaman.

Itulah beberapa jenis bahan jersey yang beredar di Indonesia dan dapat menjadi pilihan untuk pembuatan jersey. Selain bahan, jangan lupa tentukan pula budget yang dibutuhkan jersey yang dibuat, sehingga selain nyaman juga tidak menguras kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *