Sponsor di Kaos Jersey AC Milan dari Masa ke Masa

AC Milan merupakan klub Italia tersukses di Eropa bahkan Dunia. Jumlah trofi yang diperoleh klub dengan jersey kebesaran berwarna merah-hitam tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan klub-klub lain di seluruh penjuru dunia. Perjalanan panjang AC Milan tidak dapat dilepaskan oleh peran sponsor yang membantu klub tersebut dalam sisi finansial. Berikut ini akan dibahas sponsor yang pernah menghiasi kaos jersey AC Milan dari masa ke masa.

Brand pertama non apparel yang menghiasi jersey AC Milan adalah Pooh Jeans, yang merupakan produksi dari perusahaan Italiana Manifatture. Kerja sama ini terjalin hanya selama satu musim kompetisi, yaitu pada musim 1981-1982. Ketika tulisan Pooh Jeans terpampang di jersey AC Milan, yang menjadi kit manufacturer adalah Linea Milan, perusahaan apparel yang berbasis di kota mode Italia tersebut.

Pada musim 1982, kontrak antara AC Milan dengan Linea Milan dan Italiana Manifatture berakhir. Posisi Linea Milan digantikan oleh NR Apparel dan posisi Italiana Manifatture digantikan oleh Hitachi Europe Srl dengan brand Hitachi-nya. Kerja sama AC Milan dengan Hitachi juga hanya berdurasi satu musim, sebelum kemudian digantikan oleh Cuore pada musim 1984/1985.

Baca Juga:SPONSOR JERSEY LIVERPOOL DARI MASA KE MASA

Pada musim 1984/ 1985, Rolly Go masuk menggantikan NR sebagai penyedia kaos jersey AC Milan. Rolly Go bersanding dengan brand Oscar Mondadori yang merupakan produk dari perusahaan Arnoldo Mondadori Editore S.P.A. Pada musim berikutnya, yaitu pada musim 1985/ 1986, AC Milan memperkenalkan apparel Gianni Rivera sebagai penyedia jersey mereka. Gianni Rivera yang notabene merupakan legenda AC Milan dan dijuluki Golden Boy dalam sepak bola Italia ini dipinjam sebagai nama apparel yang merupakan produksi klub AC Milan sendiri. Apparel ini hanya bertahan selama satu musim, sebelum kemudian AC milan menjalin kontrak selama empat musim dengan perusahaan apparel Kappa.

Sejak musim 1985, perusahaan Olivetti dengan brand Fotorex U-Bix menjalin kerja sama dengan AC Milan dengan durasi kontrak selama dua musim. Nama Fotorex U-Bix terpampang di jersey AC Milan hingga berakhirnya musim 1986/ 1987 sebelum kemudian digantikan oleh Mediolanum.

Perusahaan apparel raksasa Asal Jerman, Adidas masuk menggantikan Kappa pada musim 1990. pada Musim pertama hingga musim kedua menjadi penyedia jersey AC Milan, logo Adidas bersanding dengan logo Mediolanum di bagian depan jersey. Sementara pada musim ketiga, Adidas bersanding dengan sponsor Motta. Posisi Adidas sebagai perusahaan penyedia jersey AC Milan digantikan oleh Lotto sejak bergulirnya musim kopmpetisi 1993/ 1994.

Brand Motta bertahan di jersey AC Milan hingga akhir musim 1993/ 1994. Sejak musim 1994/ 1995, perusahaan produsen mobil asal Jerman, Opel, menjalin kontrak berdurasi sangat panjang dengan AC Milan. Logo Opel yang berbentuk lingkaran dengan coretan zigzag berbentuk huruf Z pipih terus menghiasi jersey AC Milan hingga musim 2005/ 2006.

Selain Opel yang menandatangani kontrak berdurasi panjang dengan klub yang berjuluk I Rossoneri tersebut, Adidas kembali masuk menggantikan Lotto pada musim 1998 dengan durasi kontrak yang sangat panjang. Kontrak Adidas dengan AC Milan terus diperpanjang dan bahkan terus berlanjut hingga sekarang. Saat ini, logo Adidas bersanding dengan Fly Emirates sebagai brand yang menghiasi kaos jersey kebanggaan para Milanisti tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *