Jenis-jenis Celana Olahraga

Pakaian penunjang olahraga kini semakin berkembang dengan ditemukannya bahan-bahan jenis baru yang membuat berolahraga menjadi lebih efektif. Jika dua dekade lalu berolahraga dapat dilakukan dengan memakai pakaian jenis apa saja dan pakaian yang digunakan cenderung berbahan dan bermodel seragam, kini sudah semakin banyak bahan dan model pakaian olahraga, termasuk juga celana olahraga. Berikut ini akan dibahas mengenai cenis-jenis celana olahraga yang banyak digunakan oleh masyarakat modern.

Jenis celana yang paling banyak digunakan untuk berolahraga adalah celana training.  Penggunaan istilah celana training merujuk pada karena terlalu seringnya celana jenis ini digunakan ketika latihan olahraga, makanya disebut celana training atau yang secara harfiah berarti celana latihan. Celana training pada mulanya merupakan celana panjang berbahan katun, dengan karet di bagian pinggang dan pergelangan kaki. Namun karena bahan katun akan terasa berat digunakan ketika basah, celana training kemudian berkembang dengan menggunakan bahan-bahan kain jenis lain seperti parasut, jersey, kaos, dll. Model celana training pun kemudian berkembang.

Seperti celana training bermodel boot cut, yaitu celana training yang melebar di bagian betis hingga tumit, dengan karet di bagian ujung bawahnya. Ada juga celana training gaucho yang modelnya lebar menyerupai kulot dan terbuat dari bahan kaos elastis. Celana training yang paling umum digunakan adalah celana training bermodel pipa, yaitu yang bentuknya lurus tanpa karet di bagian ujung bawahnya.  

Baca juga: Jenis-jenis Celana Renang untuk Wanita

Jenis celana olahraga lainnya adalah celana legging. Celana legging merupakan celana ketat yang berfungsi sebagai penghangat dan pelindung kaki ketika kita sedang berolahraga. Bahan-bahan yang digunakan untuk celana legging adalah spandek, nilon, maupun polyester. Pada mulanya, legging bukan berbentuk celana, melainkan berbentuk dekker yang terdiri dari dua bagian terpisah, yaitu untuk kaki kiri dan kaki kanan. Namun karena pemisahan dua legging tersebut dirasa kurang efektif, akhirnya dibuatlah legging dalam bentuk celana, yang fungsinya masih sama yaitu sebagai penghangat dan pelindung kaki. Sebenarnya, legging dimaksudkan sebagai dalaman dari bawahan pakaian olahraga seperti one piece atau rok sebab bahan legging sangat tipis dan mencetak setiap lekuk tubuh bagian bawah. Namun pada perkembangannya, penggunaan celana legging tidak lagi dijadikan sebagai dalaman. Celana legging kini sering digunakan untuk olahraga seperti yoga, senam, dll.

Jenis celana lain yang digunakan ketiga berolahraga adalah celana kargo. Celana kargo terbuat dari bahan yang tebal dan hangat, dengan dilengkapi beberapa saku di bagian kanan dan kiri celana. Celana kargo terinspirasi dari celana tentara. Maka wajar jika celana kargo banyak digunakan untuk berolahraga outdoor, seperti naik gunung dan olahraga berkonsep petualangan. Namun kini, variasi celana kargo juga sering digunakan dalam olahraga zumba.

Pada dasarnya, jenis-jenis celana olahraga yang telah disebutkan di atas dimaksudkan untuk menunjang kegiatan olahraga yang kita lakukan, bukan malah sebaliknya dapat menghambat pergerakan kita ketika berolahraga atau membuat kita tidak nyaman ketika berolahraga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *