Sponsor Kaos MU dari Masa ke Masa

Sejak musim kompetisi 2014/ 2015, klub raksasa Inggris Manchester United (MU) menjalin kerja sama dengan Chevrolet. Dana sebesar 47 juta euro harus digelontorkan perusahaan otomotif ini untuk memajang logo mereka di kaos MU. Masuknya Chevrolet sebagai sponsor MU akan memulai babak baru sejarah perjalanan klub berjuluk The Red Devils tersebut. Berikut ini akan dibahas mengenai sponsor-sponsor legendaris yang menghiasi jersey Manchester United dan mengiringi perjalanan klub tersebut dari masa ke masa.

Chevrolet merupakan perusahaan kelima yang menjadi sponsorship MU di luar sponsor apparel klub. Sponsor perusahaan pertama yang menjadi partner MU dan logonya menghiasi jersey kebesaran mereka adalah Sharp Electronics. Sebelum masuknya Sharp Electronics, tampilan depan jersey MU hanya dihiasi logo klub dan kit manufacturer atau perusahaan apparel yang memproduksi seragam kesebelasan klub. Umbro merupakan apparel pertama yang bekerja sama dengan MU, yaitu pada tahun 1945. Umbro menjalin kerja sama dalam durasi yang sangat panjang, yang baru berakhir pada tahun 1975. Setelah era Umbro, Admiral masuk dengan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Pada tahun 1980, Adidas masuk menggantikan Admiral yang habis kontrak. Adidas menjadi sponsor tunggal di jersey MU hingga Sharp Electronics ikut menghiasi jersey klub kebanggaan Kota Manchester tersebut pada tahun 1982. Dekade awal 1980-an memang merupakan era perkembangan sepakbola Liga Inggris dengan masuknya berbagai perusahaan non-olahraga yang menjalin kerja sama dengan klub-klub Liga Inggris sebagai sponsor.

Baca juga: Kaos Barcelona yang Paling Banyak Dicari Penggemar

Pada tahun 1992, Umbro untuk kedua kalinya menjalin kerja sama dengan MU, menggantikan Adidas. Sejak Era Premier League inilah Umbro berduet dengan Sharp Electronics (pada akhir dekade 1990-an, logo Sharp Electronics di kaos MU hanya tertulis Sharp saja) sebagai sponsor yang menghiasi jersey klub.

Millenium 2000 ditandai dengan revolusi dalam tampilan jersey MU. Logo perusahaan Sharp Electronics yang sudah menghiasi jersey MU selama delapan belas tahun harus berakhir, digantikan logo Vodavone yang merupakan perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Britania Raya. Dua tahun kemudian, yaitu pada awal musim 2002, Nike masuk menggantikan Umbro sebagai penyedia peralatan olahraga klub.

Pada awal musim 2006/ 2007, perusahaan asuransi asal Amerika, AIG, menjalin kontrak dengan MU dengan durasi empat tahun. Kerjasama antara AIG dengan MU memecahkan nilai besaran kontrak yang pernah dijalin antara sebuah klub sepak bola dengan sponsorship. Ketika kontrak antara AIG dengan MU berakhir pada akhir musim 2009/ 2010, perusahaan asuransi lain yang juga berasal dari Amerika, AON, berganti menghiasi jersey MU. Logo AON terpampang di bagian depan kaos kesebelasan MU hingga berakhirnya musim 2013/ 2014.

Pada awal musim 2015/ 2016 lalu, MU menjalin kontrak dengan perusahaan apparel asal Jerman, Adidas. Nilai kontrak yang harus digelontorkan Adidas adalah sebesar 98 juta euro. Dengan ditandatanganinya kontrak yang bernilai fantastis tersebut, logo Adidas akan bercokol di kaos MU selama 11 tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *