Mengenal Lebih Dekat Jersey MU dari Masa ke Masa

Selama ini, jersey MU dikenal dengan warna merah kebanggaannya, namun sebenarnya klub yang bermarkas di kota Manchester-Inggris ini telah melewati fase panjang perubahan model dan desain jersey, dan berikut ini adalah tampilan jersey Manchester United dari masa ke masa.

  • (Tahun 1892 – 1928)

Pada tahun 1892, jersey Manchester United tidak berwarna merah, melainkan perpaduan kuning dan hijau yang berbeda di bagian badan kanan dan kirinya. Pada tahun 1902, MU mulai menggunakan warna merah dengan desain jersey polos tanpa paduan warna apa pun. Tahun 1903, MU mendesain jersey dengan paduan warna putih dan biru, seringkali MU mengalami kekalahan pertandingan ketika mengenakan jersey ini.

Saat Final FA Cup tahun 1909, MU mengenakan jersey putih dengan layer V pada bagian dada dan lambang red rose of lancashire pada dada kirinya. Akhirnya pada tahun 1928, Manchester United menetapkan secara permanen warna kaos merah, celana putih, dan kaos kaki hitam untuk jersey kebanggaannya.

  • (Tahun 1940 – 1969)

Pada tahun 1940 hingga 1950-an, Manchester United menggunakan jersey merah berkerah putih, meski begitu pada tahun 1948, MU sempat menggunakan jersey biru tua saat memenangkan FA Cup.

Tahun 1955 hingga 1956, MU menggunakan jersey merah menyala yang dipadu v neck putih untuk pertandingan kandang, dan jersey putih untuk pertandingan tandang. Perubahan paling banyak terjadi pada tahun 1960-an, dimana terjadi perubahan warna kembali dari merah, biru, dan putih hingga tahun 1969.

  • (Tahun 1971 – 1979)

Setelah berulangkali mengganti desain jersey sepanjang tahun 1960-an, MU kembali menggunakan jersey merah, celana putih, dan kaus kaki hitam. Tahu 1971, MU juga mengenakan jersey putih, celana putih, sedangkan kaus kaki sering berganti antara warna hitam dan putih. Tak hanya merah dan putih, MU juga memiliki jersey berwarna kuning yang seringkali digunakan apabila lawan menggunakan jersey berwarna putih dan merah.

Baca juga: Sponsor Kaos MU dari Masa ke Masa

Tahun 1972 menjadi titik penting perubahan jersey MU, untuk pertama kalinya MU menggunakannya lambang klub Manchester United pada dada sebelah kiri jersey.

Tahun 1975 hingga tahun 1979, tak terjadi perubahan yang berarti pada desain jersey Manchester United, yang berubah hanya ada penambahan beberapa strip putih baik itu pada kerah maupun lengan.

  • (Tahun 1980-1999)

Pada tahun 1980 hingga tahun 1981, Manchester United menggunakan jersey warna biru royal yang terlihat semakin memukai dengan tambahan garis putih pada lengannya.

Tahun 1982, jersey Manchester United mengalami perubahan cukup signifikan dengan pertama kalinya terdapat penambahan logo-logo sponsor pada bagian dada. Hingga tahun 1999, terdapat banyak perubahan warna untuk konstum tandang, seperti warna putih, biru elektrik, hitam dan hijau elektrik, meski begitu kostum tuan rumah tetap menggunakan warna merah.

  • (Tahun 2000-an)

Tahun 2000-an, tampilan kostum laga Manchester United terlihat semakin simpel namun tetap mengusung konsep yang modis dan elegan. Tak banyak perubahan yang berarti, selain logo-logo perusahaan yang menjadi sponsor klub berjuluk setan merah ini.

Itulah sejarah desain dan tampilan jersey MU dari masa ke masa, perubahan yang terjadi tentunya dengan maksud yang tentunya menuju ke arah yang lebih baik demi performa yang lebih prima dan percaya diri, saat para pemain bola mengenakan jersey kebanggaannya untuk berlaga.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *