Kewajiban Penggunaan Jersey Basket dalam Pertandingan

Suatu tim basket biasanya memiliki jersey basket sebagai identitas tim tersebut. Tak hanya mengenakan jersey semata, akan tetapi setiap pemain juga harus mengenakan celana basket, kaus kaki dan sepatu basket.  

Tak hanya tim basket yang sudah berlaga di pertandingan profesional, namun tim basket sekolah pun juga membutuhkan kostum basket yang sesuai. Penggunaan jersey yang seragam dalam sebuah tim selain bermanfaat untuk membedakan antar pemain ketika pertandingan juga menumbuhkan semangat dan rasa persatuan dalam tim karena basket bukanlah permainan individu melainkan permainan beregu yang butuh kekompakan.\

Jersey untuk pemain basket pria dan pemain basket wanita pada dasarnya memiliki desain yang sama, yang mana kebanyakan memiliki desain lebar, tidak menempel di badan dan dibuat tanpa lengan. Apabila tidak biasa menggunakan kaos tanpa lengan, para pemain biasanya merangkap bagian dalam jersey basket dengan kaus berlengan pendek, yang menggunakan model kaos tim seperti ini adalah para pemain basket wanita.

Untuk nama tim biasanya berada di bagian dada depan sedangkan nama pemain dan nomor pemain diletakkan pada bagian punggung dengan tulisan yang cukup besar. Setiap tim biasanya memiliki satu atau lebih kostum basket alternatif, agar memiliki alternatif pilihan warna jika kebetulan tim yang hendak dilawan juga memiliki warna jersey yang serupa. Akan tetapi biasanya untuk tim tuan rumah menggunakan seragam yang berwarna, sedangkan tim tamu menggunakan warna yang gelap. Namun, tak jarang pula ada tim yang menggabungkan dua warna kontras agar terlihat lebih mencolok.

Baca Juga:Ragam Bahan Jersey di Indonesia

Setiap tim biasanya memiliki desain atau rancangan yang diperbaharui setiap musim pertandingannya, khususnya tim-tim di laga profesional seperti NBA di Amerika Serikat. Setiap desain jersey biasanya terbuat dari kain yang ringan dan nyaman ketika dipakai bergerak seperti kain polyester, kain rayon, dan kain nilon.

Untuk bagian leher biasanya memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang lengkung, namun ada pula yang menggunakan V-neck dengan belahan rendah. Selain jersey, yang tak boleh ditinggalkan adalah celana pendek atau shorts. Jenis celana pendek biasanya senada dengan jersey, baik bahan, warna, dan motifnya, sedangkan untuk bagian pinggangnyanya ada ikatan tali yang elastis. Secara ukuran, di NBA ada aturan untuk celana pendek pada seragam basket yang mana panjangnya harus berada di bawah lutut dan tidak boleh di atas lutut.

Dalam aturan NBA ada keharusan bahwa setiap pemain yang diperkenalkan dan menjadi bagian dari sebuah tim haruslah sudah mengenakan seragam tim tersebut, sedangkan untuk pelatih mengenakan jas.

Ketika pertandingan resmi, seorang atlet memang wajib menggunakan kostum basket yang seragam, namun untuk permainan basket amatir yang hanya sekadar hobi, bisa menggunakan replika jersey basket pemain favorit yang banyak dijual di toko-toko olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *