Jersey Sepeda, Salah Satu Perlengkapan Wajib Atlet Balap Sepeda

Dalam pelaksanaan pertandingan olahraga profesional, selain kesiapan fisik, dibutuhkan pula kesiapan perlengkapan yang harus digunakan saat pertandingan. Masing-masing cabang olahraga memiliki ketentuannya sendiri, begitu juga dengan cabang olahraga balap sepeda. Selain jersey sepeda, berikut ini adalah daftar perlengkapan yang harus disiapkan atlet balap sepeda sebelum bertanding:

  1. Celana Balap

Celana balap biasanya satu setel dengan jerseynya. Terbuat dari bahan yang ringan dan elastis sehingga tidak mengganggu gerakan ketika mengayuh sepeda. Selain itu, bahan juga harus dipilih yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga mampu memberikan kenyamanan di tubuh dan mampu menyerap keringat dengan baik

  1. Helm

Helm atau helmet adalah salah satu perlengkapan paling penting yang harus digunakan oleh atlet balap sepeda. Seperti diketahui, dalam pertandingan balap sepeda profesional, biasanya menempuh jarak yang cukup jauh dengan peserta yang jumlahnya cukup banyak. Kecepatan yang terus dipacu serta riuhnya persaingan antar pembalap membua kecelakaan bisa sewaktu-waktu terjadi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sangat diwajibkan para atlet untuk menggunakan helm.

Berbeda dengan helm yang biasa digunakan para pembalap F1 atau Moto GP. Tampilan helm para atlet sepeda balap lebih kecil dan lebih ringan sehingga nyaman apabila dikenakan dalam waktu yang cukup lama. Sesuaikan ukuran helm dengan kepala agar tidak membuat pusing atau penat ketika digunakan.

  1. Kacamata

Kacamata untuk olahraga sepeda balap berbeda dengan kacamata yang digunakan untuk membaca atau kacamata hitam untuk bersantai di pantai. Kacamata balap sepeda dibuat khusus dengan penyesuaian bentuk wajah dan hidung sehingga tidak mudah merosot atau lepas ketika melakukan pertandingan.

Baca juga: Manfaat Memakai Jersey Sepeda

Kenapa menggunakan kacamata saat bersepeda sangat penting? Hal ini dikarenakan olahraga sepeda biasanya dilakukan di luar ruangan, baik itu di arena sepeda stadion maupun di jalanan, sehingga paparan sinar matahari akan mengganggu jarak pandang dan bisa menyebabkan kecelakaan, bukan hanya kecelakaan tunggal, namun juga bisa membahayakan peserta lainnya.

  1. Sarung Tangan

Sarung tangan yang tepat juga dibutuhkan para atlet balap sepeda, pilih yang bisa menyerap keringat sehingga tidak terasa licin ketika dikenakan untuk memegang kemudi sepeda.

  1. Sepatu

Seperti halnya dengan jersey sepeda dan perlengkapan bersepeda lainnya, untuk memilih sepatu untuk bersepeda harus disesuaikan dengan bentuk tubuh, khususnya bagian kaki. Pilih sepatu yang ringan sehingga tidak memberatkan kaki ketika mengayuh, selain itu bagian bawah sepatu juga harus solid dan tidak licin.

Itulah beberapa perlengkapan yang harus digunakan oleh atlet balap sepeda, baik itu jersey sepeda, helm, sarung tangan, sepatu kacamata harus disiapkan sebaik mungkin, karena selain untuk kenyamanan juga untuk keamanan para atlet ketika melaksanakan pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *