Sekilas Seputar Jersey Barcelona

Siapa yang tak mengenal grup sepak bola Barcelona. Grup sepak bola yang didirikan tahun 1899 merupakan klub sepak bola terkaya di dunia nomor dua dalam hal pendapatan. Barcelona juga merupakan salah satu tim yang mendapat dukungan paling banyak di media sosial dibandingkan dengan tim olahraga lainnya. Banyak orang, khususnya para lelaki mengagumi grup sepak bola ini. Mempunyai barang-barang yang bersimbol logo Barcelona merupakan hal yang harus dilakukan. Seperti mempunyai jam Barcelona, sticker Barcelona, poster Barcelona, Jersey Barcelona, Bolanya, dan lain sebagainya.

Barcelona mempunyai musuh bebuyutan yaitu real Madrid. Pertemuan antara Barcelona dengan Real Madrid sering disebut dengan El Clasico atau Pertemuan Klasik. Persaingan di antara dua klub ini, merupakan perwakilan dari daerah yang berbeda di Spanyol. Sebenarnya ini merupakan simbol perang saudara yang terjadi di Spanyol. Bagaimana tidak? Dua daerah yang merasa dirinya lebih baik, dan ingin menjadi lebih sekedar dari daerah membuat mereka bertindak sesuka hati.

Perang saudara yang mereka alami juga sebenarnya terjadi di dalam Indonesia. Sebagian orang mendukung Barcelona, dan sebagian yang lainnya mendukung Real Madrid. Namun perbedaan disini tidak terlalu membuat ikatan pertemanan atau kekerabatan menjadi berubah. Sebenarnya banyak hal menarik yang harus diketahui di dalam klub Barcelona. Fakta yang terdapat di dalam grup sepak bola ini merupakan suatu kehausan tersendiri bagi fans fanatik klub ini. Fakta yang ada di dalam klub Barcelona selain bola dan jersey Barcelona adalah sebagai berikut:

Barcelona didirikan oleh seseorang yang berkebangsaan Swiss. Yaitu Joan Gamper. Dia datang ke Spanyol hanya untuk urusan bisnis dan bertemu dengan orang Inggris dan Spanyol. Uniknya, mereka semua menyukai sepak bola dan kemudian setuju untuk membuat sebuah klub pada tanggal 28 November 1899. Mereka mengangkat Walter Wild, orang berkebangsaan Inggris sebagai presiden pertama.

Baca juga: Cara Cerdas Membeli Baju Jersey

Sejak tahun 1955, Barcelona merupakan im yang satu-satunya selalu berpartisipasi di dalam kompetisi tahunan Eropa. Baik di Liga Champions, Piala Winners, Piala UEFA, dan sampai sekarang. Klub ini juga pemegang juara Piala Winners terbanyak, yaitu sebanyak empat kali. Tahun 1979, 1982, 1989, dan tahun 1997. Barcelona juga pernah mencetak rekor penonton terbanyak di Camp Nou. Yaitu sebanyak 120 ribu orang yang hadir. Itu adalah saat terjadi perempat final Piala Champion dimana Barcelona melawan Juventus pada tanggal 5 Maret 1986.

Klub Barcelona juga sudah menjuarai La Liga sebanyak 18 kali dan menjadi runner up sebanyak 22 kali. Mereka berturut-turut merajai La Liga selama sempat kali. Dan di Piala Raja, Barcelona pernah memegang rekor sebagai juara terbanyak yaitu sebanyak 24 kali. Dan terakhir itu ketika musim 1997 hingga 1998. Barcelona memiliki pencetak gol terbanyak, yaitu Cesar Rodriguez. Pemain ini mencetak rekor dengan 195 gol nya di La Liga.

Dan juga Barcelona memiliki pelatih tersukses mereka yaitu Johan Cruyff. Selama delapan tahun membesut Barcelona, pelatih asal Belanda mampu memberikan 11 piala besar. Diantaranya adalah 3 Piala Super Spayol, 4 gelar La Liga, Piala Liga Champions, Piala Winners, Piala Raja, dan Piala Super Eropa. Fakta-fakta menarik inilah yang membuat banyak orang menyukai klub ini. Termasuk lelaki yang sudah mempunyai anak seorang bayi. Bayi yang terbilang masih kecil sudah dikenakan jersey Barcelona sebagai rasa cinta sang papa terhadap klub ini begitu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *