Penjualan dan Harga Resmi Kaos Barcelona Original

Barcelona merupakan salah satu klub dengan jumlah penjualan rata-rata jersey klub terbesar dalam satu tahun. Klub berjuluk The Catalan tersebut diperkirakan berhasil menjual total 1,15 juta kaos Barcelona per tahun. Jersey dengan nama punggung terlaris adalah jersey Messi, Neymar, dan Xavi. Sementara jersey kiper bernama punggung Pinto merupakan jersey dengan nama punggung paling tidak diminati.

Barcelona yang dianggap sebagai raksasa Eropa telah memenangkan 23 gelar liga secara total, 27 gelar Copa Del Rey dan lima gelar Liga Champions. Wajar jika penggemar mereka tersebar di seluruh penjuru dunia dan jersey mereka yang bercorak biru dan merah laris di pasaran. Jersey Barcelona yang diproduksi oleh Nike dan disponsori oleh Qatar Airways selalu diburu oleh penggemar fanatik mereka setiap tahun. Data bahwa jersey Barcelona terjual rata-rata sebanyak 1,15 juta kaos setiap tahun sebagaimana dirilis oleh Sky Sport tentu belum termasuk kaos bajakan yang banyak tersebar di pasaran. Sementara menurut rilisan Talk Sport, pada musim 2015/ 2016, jersey Barcelona laku total sebanyak 3,312 juta jersey di seluruh dunia, jika versi jersey bajakannya juga dihitung.

Banyaknya versi bajakan dari kaos Barcelona disebabkan mahalnya harga jersey original klub asal Catalan tersebut jika disesuaikan dengan kocek penggemar Barcelona di luar Eropa. Padahal, dibandingkan jumlah penggemar klub di Eropa, jumlah penggemar fanatik barcelona lebih banyak di luar Eropa. Asia dan Amerika Selatan merupakan wilayah dengan penyebaran penggemar Barcelona terbanyak, wajar jika mereka tidak mampu membeli jersey asli klub, karena selain harganya yang sangat mahal bagi ukuran kocek mereka, jersey resmi yang diproduksi apparel yang bekerja sama dengan klub juga sulit didapatkan. Jersey original Barcelona hanya dijual di gerai-gerai resmi Nike (apparel resmi Barcelona).

Baca juga: Sekilas Seputar Jersey Barcelona

Namun terlepas dari sulitnya mendapatkan jersey original Barcelona, berikut ini akan dijabarkan mengenai harga resmi jersey Barcelona original. Harga yang akan disebutkan di bawah ini mengacu pada harga yang tertera di situs resmi klub yang dipadukan dengan harga resmi yang tertera di gerai-gerai resmi Nike.

Jersey Barcelona musim 2016/ 2017 Authentic Home dihargai $164.99 dollar. Sementara jersey kandang Barcelona untuk musim 2016/ 2017 mendatang dihargai $89.99 dollar. Perbedaan antara  Authentic Home  dengan jersey home biasa adalah, jersey Authentic Home bahan dan desainnya sama persis dengan yang dipakai para pemain Barcelona. Sementara jersey home adalah jersey original standar yang memang dikhususkan untuk supporter. Maka tidak heran jika perbandingan harga antara keduanya hampir dua kali lipat. Sementara, jersey awal Barcelona dihargai $75 dollar.

Memiliki jersey original klub kesayangan memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi seorang supporter. Namun loyalitas sebagai pendukung sebuah klub tidak semata ditunjukkan dengan membeli jersey original klub. Barcelona merupakan salah satu contohnya. Kaos Barcelona hasil bajakan terjual lebih banyak dibandingkan jersey original. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas dan kegemaran tidak dapat diukur hanya dari jumlah penjualan jersey original klub.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *