Macam-macam Kain Jersey Volly

Kain yang digunakan jersey volly tidak sama dengan yang digunakan pada T-shirt atau kaos oblong. T-shirt umumnya menggunakan kain polyester, katun, TC, dan sebagainya. Kaos bola voli umumnya menggunakan kain paragon, hyget, dryfit, dan sebagainya.

Daya serap keringat, kelenturan, sistem sirkulasi udara, kenyamanan, dan bobot yang ringan menjadi faktor utama dalam memilih kain jersey volly. Berikut ini beberapa jenis kain yang sering digunakan untuk membuat kaos bola voli dan jersey olah raga lainnya.

Dri-Fit

Dri-Fit terbuat dari campuran spandex, polyester dan nilon. Kain ini memiliki ciri khas pori-pori yang membuat pemakainya tidak kepanasan. Bahannya yang cukup lentur, sejuk, dan padat akan membuat pemakainya merasa nyaman. Selain untuk jersey volly, Dri-Fit biasanya digunakan untuk jersey sepak bola dan futsal karena daya serap keringat yang tinggi dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Paragon

Berbeda dengan Dri-Fit, Paragon tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup baik sehingga cenderung agak panas saat dipakai. Paragon bertekstur halus, mengkilat, dan bobotnya agak berat. Walaupun tebal, kain Paragon bersifat lentur sehingga dapat mengikuti gerakan tubuh pemain. Kain ini harganya cukup mahal di pasaran, sehingga jersey yang menggunakan bahan ini dijual dengan harga mahal.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat, Bahan-bahan Material Dari Baju Jersey

Waffer

Nama Waffer, nama yang unik untuk sebuah kain, diberikan karena permukaan kain ini menyerupai kue waffer. Seperti Dri-Fit, kain Waffer ini cukup lentur dan sering digunakan sebagai bahan baku jersey volly dan jersey olah raga lainnya. Dengan pori-pori berbentuk kotak, kain ini terasa sejuk karena memiliki sirkulasi udara yang baik. Tekstur bahan Waffer yang lembut membuatnya nyaman saat dipakai.

Hyget salur

Ciri khas kain hyget salur ini adalah pola garis lurus yang beraturan. Daya serap keringat yang sangat bagus pada kain ini membuatnya sangat nyaman saat digunakan. Selain itu, kain ini memiliki struktur yang padat, rapi dan tidak mudah kusut. Bahannya yang halus dan ringan sangat cocok untuk kaos jersey.

Hyget Serena

Hampir sama seperti hyget salur, hyget serena memiliki struktur yang rapi, padat, sejuk dan lentur. Daya serap keringat kain ini sangat bagus dan bertekstur padat dan lembut karena terdapat sedikit campuran nilon. Hyget serena sangat mudah dicuci dan tidak memerlukan perawatan khusus. Selain jersey volly, kain ini sering digunakan untuk jersey sepak bola, futsal, dan badminton.

Setelah mengetahui macam-macam kain yang digunakan untuk jersey volly, Anda pasti memiliki gambaran kain mana yang ingin Anda gunakan sebagai bahan untuk kaos tim Anda. Bila Anda tidak ingin repot memproduksi, Anda bisa mengunjungi toko-toko jersey terdekat untuk mendapatkan jersey yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *