Kontrak Sponsor Jersey Chelsea

Klub raksasa Inggris, Chelsea FC, secara mengejutkan mengumumkan bahwa mereka akan memutuskan kontrak dengan Adidas pada akhir musim 2016/ 2017 mendatang. Kontrak yang semula berdurasi hingga 2023 itu harus berakhir jauh lebih cepat. Adidas yang telah menghiasi jersey Chelsea sejak tahun 2006 itu dikabarkan akan mendapatkan kompensasi dari pemutusan kontrak secara sepihak yang dilakukan oleh Chelsea.

Durasi kontrak awal antara Chelsea dengan Adidas sebenarnya baru diperpanjang pada tahun 2013 dengan tambahan durasi 10 tahun. Perpanjangan kontrak tersebut bernilai 30 juta poundsterling per musim. Namun pada akhir musim lalu, Chelsea secara sepihak meminta kenaikan nilai kontrak menjadi satu setengah hingga dua kali lipat. Chelsea menginginkan kenaikan nilai kontrak setidaknya sebesar 50 juta poundsterling per musim. Permintaan kenaikan kontrak dari pihak manajemen Chelsea tersebut ditengarai karena nilai kontrak antara Chelsea dengan Adidas berada jauh di bawah nilai kontrak antara Adidas dengan Manchester United.

Adidas memang baru saja menandatangani kontrak senilai 75 juta poundsterling untuk menjadi sponsor apparel Manchester United. Nilai tersebut dua setengah kali lipat jauh lebih besar dibandingkan nilai kontrak yang dijalin Adidas dengan Chelsea. Wajar jika pihak manajemen Chelsea meradang. Imbasnya, pihak manajemen Chelsea memutuskan untuk mengakhiri kesepakatan kontrak dengan Adidas pada akhir musim 2016-17. Klub asal London berjuluk The Blues tersebut dikabarkan harus membayar denda dari pemutusan kontrak tersebut senilai 40 juta poundsterling.

Baca juga: Baju Jersey Bola Paling Laris

Pemutusan kontrak Adidas sebagai sponsor jersey Chelsea pada akhir musim 2016/ 2017 nanti membuka peluang bagi perusahaan penyedia apparel olahraga saingan berat Adidas yaitu Nike. Nike dikabarkan bersedia memenuhi permintaan pihak manajemen The Blues yaitu nilai kontrak sebesar minimal 50 juta pondsterling.

Di luar hubungan yang memburuk antara Chelsea dengan Adidas, bagian depan jersey tim Chelsea musim depan masih akan dihiasi oleh logo Yokohama Rubber. Pabrikan ban terkemuka yang berasal dari Jepang tersebut masih akan menjadi sponsor utama jersey tim Chelsea hingga setidaknya hingga musim 2019/2020. Nilai kontrak antara Yokohama Rubber dengan The Blues dikabarkan bernilai total sebesar 200 juta poundsterling, atau sebesar 40 juta pound per musim.

Besarnya nilai kontrak antara Yokohama-Chelsea di Liga Premier Inggris hanya halah dari kerjasama Chevrolet-Manchester United yang bernilai 53 juta pound per musim. Namun, nilai kontrak antara Yokohama-Chelsea jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai kontrak pemegang sponsor jersey tim Chelsea dua musim sebelumnya, yaitu Samsung. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut hanya menggelontorkan dana sebesar 13,8 juta poundsterling per musim.

Prestasi Chelsea yang menanjak satu dekade terakhir memang menjadi magnet yang cukup kuat di mata sponsor. Wajar jika banyak perusahaan yang ingin menjadi sponsor klub yang bermarkas di Kota London tersebut demi menitipkan logo perusahaan mereka di jersey Chelsea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *