Peluang Usaha Pembuatan Jersey Futsal di Indonesia

Selain sepakbola, salah satu olahraga yang kini memiliki banyak penggemar adalah futsal. Meningkatnya penggemar futsal apabila dipandang dari sisi usaha tentunya sangat menggiurkan, selain penyewaan lapangan futsal, usaha lain yang menjanjikan adalah pembuatan jersey futsal.

Futsal berasal dari bahasa Spanyol, yaitu futbol dan sala yang artinya adalah sepakbola dalam ruangan, futsal memang hampir sama dengan sepakbola yang dimainkan oleh dua tim, namun ada beberapa perbedaan, jika sepakbola pemain pada masing-masing tim ada 11 orang, maka futsal hanya dimainkan 5 orang per tim.

Sebenarnya futsal sendiri sudah berkembang lama di wilayah Amerika Selatan sejak tahun 1930, bahkan pada tahun 1985, sudah ada pertandingan futsal tingkat internasional pertama di California. Meski begitu, futsal sendiri baru populer di Indonesia satu dekade terakhir.

Kepopuleran futsal kini tak hanya melanda kota-kota besar di Indonesia saja, akan tetapi juga sudah masuk ke kota-kota kecil. Hal ini ditandai dengan semakin menjamurnya lapangan-lapangan futsal yang bisa dijadikan arena bermain atau bertanding.

Jika beberapa tahun lalu futsal masih jadi sekadar hobi, maka kini banyak orang yang sudah menjadikan futsal sebagai olahraga profesional. Semakin banyaknya pertandingan-pertandingan atau liga futsal yang diadakan baik itu tingkat anak-anak maupun tingkat dewasa, bahkan kini sekarang juga ada liga futsal untuk perempuan.

Semakin banyaknya atlet-atlet yang bermain futsal secara profesional dan tak sedikit pula orang yang menjadikan futsal sebagai hobi, maka ini bisa menjadi peluang besar untuk membuka konveksi jersey futsal.

Berbicara tentang usaha konveksi kaos futsal tidaklah sulit, yang diperlukan adalah kesungguhan dan keyakinan untuk memulainya. Lalu bagaimana dengan modal usaha? Untuk modal usaha memang seringkali menjadi alasan sebuah usaha tidak berjalan, padahal jika kita mampu mendayagunakan koneksi yang kita miliki maka hal tersebut bukanlah hal yang sulit.

Baca Juga: Kontrak Sponsor Jersey Chelsea

Jika tidak memiliki modal, salah satu jalan yang bisa dilakukan adalah dengan menjadi perantara atau makelar usaha konveksi, dimana kita hanya membuat desain, kemudian melempar pesanan ke konveksi yang sudah ada. Lalu keuntungan darimana? Keuntungan bisa diambil lewat jasa desain serta jasa mengurus konveksi.

Apabila keuntungan sudah cukup banyak, maka keuntungan tersebut bisa dijadikan modal untuk membuat konveksi kaos futsal, dan apabila semakin berkembang, konveksi bisa merambah ke jenis baju atau kaos lainnya, seperti seragam, kaos olahraga, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari kerugian, pesanan bisa diambil lewat pre order yang artinya proses jahit atau pembuatan kaos futsal menunggu pesanan yang ada. Apabila ingin meningkatkan jumlah pesanan, gunakan internet untuk mengiklankan usaha jasa konveksi.

Tidak sulit bukan memulai jasa konveksi jersey futsal? yang terpenting bukanlah modal, akan tetapi semangat dan niat untuk memulai usaha, karena semangat merupakan modal utama dan terpenting yang bisa digali dari dalam diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *