Sponsor Jersey Barcelona

Teka-teki tentang siapa yang akan menjadi sponsor jersey Barcelona hingga hari ini belum terjawab. Barcelona belum mengumumkan secara resmi sponsor utama mereka, sehingga hal ini menimbulkan spekulasi di kalangan media, supporter, bahkan para sponsor yang seakan berlomba-lomba menawarkan diri untuk menjalin kerja sama dengan klub yang berasal dari Catalan tersebut.

Sebagai klub dengan prestasi mentereng, wajar jika banyak sponsor kepincut untuk menjalin kerja sama dengan Barcelona. Menjadi sponsor sebuah klub yang sarat prestasi tentu akan menaikkan citra perusahaan. Bentuk kerja sama yang paling diburu oleh para sponsor adalah menjadi sponsor utama Barcelona agar para sponsor itu bisa memajang logo perusahaan mereka di jersey yang digunakan dalam setiap pertandingan.

Sponsor jersey Barcelona sejauh ini memang sedang lowong, setelah kontrak Barcelona dengan Qatar Airways yang menjadi sponsor utama mereka dalam kurun dua tahun terakhir habis tahun 2016 ini. Beredar kabar di kalangan media, sepertinya Barcelona masih pikir-pikir untuk memperpanjang kontrak Qatar Airways sebab presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mendapat tekanan dari supporter terkait dengan poin-poin kerja sama yang dianggap memberatkan klub mereka dua tahun terakhir.

Pihak Qatar Airways dalam kurun waktu dua tahun terakhir memang menyaratkan Barcelona bertandang ke Qatar untuk “menghibur” masyarakat setempat sebagai salah satu poin dalam kontrak. Hal ini dianggap memberatkan oleh supporter, sebagian pemain, dan official sebab hal ini akan mengganggu persiapan tur pra-musim Barcelona. Jadwal pra-musim yang sangat padat dan jarak tempuh yang cukup jauh dari Spanyol ke Qatar membuat persiapan Barcelona dalam menyongsong musim baru menjadi tidak maksimal. Hasilnya, Barcelona dalam dua musim terakhir selalu terseok-seok di pekan-pekan awal, walau mereka bisa kembali ke performa terbaiknya menjelang pertengahan musim.

Baca juga: Penjualan dan Harga Resmi Kaos Barcelona Original

Tidak ingin kehilangan kesempatan untuk menjadi sponsor Barcelona, Qatar Airways menawarkan proposal senilai 65 juta euro per-musim, dengan durasi kontrak hingga 2020, ditambah tawaran bonus mencapai 33 juta euro. Nilai ini hanya berlaku bagi jersey pertandingan, di luar jersey latihan. Tawaran ini tentu sangat menggiurkan, jika kontrak baru ini terealisasi, nilainya akan memecahkan rekor nilai kontrak sponsor tertinggi yang saat ini masih dipegang Manchester United dengan Chevrolet-nya yang bernilai 47 juta euro. Pemasukan dari Qatar Airways sejauh ini memang sangat menguntungkan Barcelona dari sisi finansial. Sebab sebelum menjalin kontrak dengan Qatar Airways, Barcelona yang menjalin kerja sama dengan salah satu lembaga PBB yaitu UNICEF harus merogoh kocek senilai sekitar Rp. 21 Miliar per musim sebagai bentuk sumbangan kemanusiaan, alih-alih mendapatkan pemasukan.

Meski tawaran Qatar Airways sangat menggiurkan secara finansial, jajaran direksi Barcelona masih mempertimbangkan hal-hal non-teknis dalam poin kontrak agar tidak mengganggu persiapan mereka dalam menyongsong musim baru. Akhirnya, jawaban mengenai siapa yang akan menjadi sponsor jersey Barcelona patut kita tunggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *