Nilai Kontak Sponsor Jersey MU

Salah satu klub sepak bola Inggris Manchester United (MU) musim 2015/ 2016 menandatangani kontrak dengan perusahaan otomotif Chevrolet. Logo Chevrolet akan menghiasi sisi depan jersey MU sebagai sponsor utama. Nilai kontrak antara Chevrolet dengan MU konon memecahkan rekor nilai kontrak tertinggi yang pernah terjalin antara suatu perusahaan dengan sebuah klub sepak bola Eropa.

Chevrolet harus menggelontorkan dana sebesar 47 juta euro untuk memajang logo mereka di jersey tim Manchester United. Nilai ini jauh lebih besar dibandingkan rata-rata nilai kontrak klub Big Five Liga Inggris yang tidak sampai separuh dari nilai kontrak tersebut. Nilai kontrak tersebut belum termasuk “subsidi” mobil yang disediakan Chevrolet untuk setiap pemain dan jajaran pelatih MU setiap tahun. Tentu hal ini menjadi angin segar di tengah jebloknya prestasi MU, sehingga dana tersebut dapat digunakan untuk merevolusi jajaran pelatih dan pemain di tubuh MU.

Setelah bergabungnya Chevrolet di musim sebelumnya, revolusi pemegang kontrak sponsor yang akan mewarnai tampilan jersey MU belum berakhir. MU juga memutuskan menggandeng Adidas sebagai sponsor jersey dan perlengkapan olahraga mereka, menggantikan kebersamaan MU dengan Nike yang sudah terjalin selama sekitar tiga belas tahun.

Berakhirnya kontrak antara MU dengan Nike disebabkan oleh permintaan dari jajaran direksi MU yang meminta kenaikan nilai kontrak sebesar dua kali lipat dari nilai sebelumnya yang hanya bernilai 38 juta euro. Permintaan tersebut tentu ditolak oleh Nike sebab menurut mereka, kenaikan dua kali lipat dinilai terlalu besar jika dibandingkan dengan prestasi MU yang jeblok dalam dua musim terakhir. Bahkan, pada musim 2013-2014 MU gagal finis zona Liga Champions sebab terlempar dari posisi empat besar di klasemen.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Jersey MU dari Masa ke Masa

Masuknya Adidas sebagai sponsor apparalel menjadi angin segar bagi MU setelah produsen kostum asal Jerman tersebut menandatangani kontak berdurasi 11 tahun dengan nilai kontrak sebesar 98 juta euro. Nilai kontrak ini menempatkan MU sebagai salah satu tim dengan nilai kontrak jersey terbesar di Eropa bahkan dunia, hanya kalah dari Real Madrid yang juga menjalin kerja sama dengan Adidas dengan nilai kontrak 140 juta euro dalam durasi 10 tahun.

Tidak mau kejadian yang menimpa Nike terulang (yaitu jebloknya prestasi MU yang berimbas pada nilai pendapatan mereka sebagai sponsorship), Adidas menambahkan klausul berupa pengurangan nilai kontrak sebesar 30% jika MU gagal finish di empat besar. Klausul tersebut dirasa masuk akal sebab performa MU yang naik-turun sejak ditinggalkan Sir Alex Ferguson.

Perpaduan antara Adidas dengan Chevrolet akhirnya akan menghiasi jersey MU musim depan. Patut kita tunggu apakah gelontoran dana yang cukup besar dari dua sponsor utama tersebut akan membuat MU aktif dalam bursa transfer perburuan pemain di musim panas ini. Dan jauh di atas itu, patut kita tunggu apakah dana besar dapat mendongkrak performa MU yang angin-anginan dalam dua musim terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *