Cara Mudah Memilih Celana Yoga Bagi Pemula

Ingin belajar yoga sebagai salah satu olahraga yang Anda lakukan di sela-sela kesibukan? Salah satu hal penting yang perlu dilakukan bagi setiap pemula adalah mempersiapkan pakaian yoga yang cocok dan tepat. Selain pakaian atau atasan, celana yoga juga menjadi item penting yang perlu disiapkan agar aktivitas yoga berjalan lancar. Pasalnya, kegiatan yoga dapat dilakukan dengan baik apabila celana yang digunakan mensupport berbagai variasi gerak dalam rangkaian yoga. Supaya tak salah pilih, berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan dalam memilih celana bagi pemula untuk melakukan yoga, antara lain:

  • Tentukan model celana yang diinginkan.

Ada berbagai pilihan model celana untuk yoga yang dapat Anda kenakan. Beberapa diantaranya seperti celana training hingga legging sport yang dapat dipakai ketika beryoga. Masing-masing memiliki potongan dan karakteristik yang berbeda sehingga Anda bisa memilih model celana yang digunakan sesuai kebutuhan maupun selera. Pada celana training misalnya, memiliki desain yang sporty dan nyaman. Sedangkan celana legging umum dipakai untuk berolahraga karena elastis dan ringan. Selama pemakaiannya terasa nyaman, tentu saja semua model celana khusus yoga bisa dijadikan pilihan.

  • Pertimbangkan ukuran dan panjang celana yang dibutuhkan.

Secara garis besar, celana khusus yoga terdiri dari dua jenis ukuran panjang, yaitu full length sampai mata kaki atau pergelangan kaki dan juga celana capri yang panjangnya hanya sebatas lutut atau betis. Memilih panjang celana yang dikenakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya bagi wanita yang berhijab, tentu saja celana yang dikenakan harus panjang dan menutupi hingga mata kaki agar olahraga tetap berjalan lancar. Sementara wanita yang tidak berhijab bisa memakai aneka macam pilihan celana sesuai keinginan dan selera. Selain itu, pastikan juga ukuran celana sesuai dengan lingkar pinggang ataupun ukuran tubuh Anda supaya pemakaiannya terasa nyaman.

Baca juga: Kriteria Baju Yoga untuk Latihan

  • Perhatikan elastisitas dan jenis bahan.

Masing-masing celana yoga dibuat menggunakan material bahan yang berbeda sehingga tingkat elastisitasnya pun beragam. Agar pemakaian celana terasa nyaman, pilihlah celana yang elastis dan berbahan melar sehingga ukurannya dapat mengikuti setiap pergerakan dalam kegiatan yoga. Jadi, semua gerakan bisa dilakukan dengan nyaman dan mudah oleh setiap pemula berkat pemakaian celana yang cocok dan tepat. Selain itu, memilih celana yang nyaman, memiliki sirkulasi udara yang baik serta mampu menyerap keringat juga patut diperhitungkan sehingga kegiatan yoga berjalan dengan lancar, tidak menimbulkan rasa gerah dan lainnya.

  • Sesuaikan warna dan corak dengan selera.

Memilih warna celana untuk yoga bisa disesuaikan dengan selera dan keinginan. Anda bisa memilih warna cerah, gelap, netral dan lainnya sesuai kebutuhan. Bahkan aneka macam pilihan celana dengan corak yang berbeda juga bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan celana untuk yoga. Selama model, ukuran, panjang dan bahannya nyaman dikenakan, tentu saja semua pilihan warna dan corak celana dapat dipakai sesuai keinginan. Berbagai pilihan tersebut juga bisa disesuaikan dengan baju yoga yang Anda kenakan.

Demikianlah cara-cara mudah yang dapat dilakukan untuk memilih celana yoga yang cocok dan tepat bagi para pemula. Anda bisa melakukan aktivitas yoga dengan baik apabila celana yang dipakai adalah celana yang nyaman, elastis dan menyerap keringat. Jangan lupa juga untuk memilih baju yang tepat dan mempersiapkan alas yoga atau matras yang sesuai standar sehingga semua kegiatan yoga dan segala macam bentuk gerakannya dapat dilakukan dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *