Sponsor Jersey Chelsea Era 1980-an

Salah satu klub sepak bola Inggris yang bermarkas di London, Chelsea FC, sejak musim 2015 lalu menjalin kerja sama dengan produsen ban mobil yang berbasis di Jepang, yaitu Yokohama Tyres. Perusahaan tersebut tercatat sebagai perusahaan kesembilan yang nama dan logonya bertengger di jersey Chelsea. Sebelum memutuskan memajang logo Yokohama Tyres sejak musim 2015-2016 bergulir, Chelsea sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan lain. Memajang nama dan logo perusahaan di klub sepak bola yang sarat prestasi dan memiliki fans berjumlah jutaan memang merupakan cara promosi yang sangat efektif agar produk perusahaan tersebut dikenal secara lebih luas. Tidak heran jika perusahaan yang ingin mensponsori sebuah klub harus merogoh kocek dalam-dalam dan harus membayar mahal. Sebenarnya, trend memajang logo atau nama perusahaan di klub sepak bola tergolong tradisi yang baru, Liga Inggris bahkan baru memulai tradisi ini pada dekade 1980-an. Berikut ini akan diulas mengenai sponsor yang namanya pernah dipajang di jersey kebesaran Chelsea FC pada era 1980-an.

Chelsea baru memakai jersey bersponsor pada musim kompetisi 1983-1984. Sponsor pertama yang namanya bertengger di jersey Chelsea adalah Gulf Air, yang merupakan maskapai penerbangan nasional Bahrain. Namun, logo maskapai asal Bahrain ini hanya bertengger selama 5 bulan sebagai sponsor Chelsea, yaitu di paruh kedua kompetisi bergulis. Meski hanya sebentar, kerja sama antara Gulf Air dengan Chelsea menandai era masuknya sponsor dari jazirah Arab pertama yang menjadi sponsor utama sebuah klub sepakbola liga Inggris. Namun untuk klub Inggis yang memakai jersey bersponsor, Chelsea adalah klub ketiga, sebelum Chelsea, Liverpool dan Derby Country sudah terlebih dahulu memulai era jersey bersponsor di kompetisi Liga Inggris

Sempat tanpa sponsor selama tiga musim, Chelsea baru mengenakan jersey bersponsor lagi pada musim kompetisi 1986-1987. Uniknya, pada musim tersebut Chelsea tercatat tiga kali berganti sponsor jersey dengan berbagai alasan. Sponsor-sponsor kaos kesebelasan Chelsea di musim tersebut adalah Bai Lin Tea (produk teh), Grange Farm (perusahaan perkebunan), dan Simod (apparel yang memproduksi berbagai perlengkapan olahraga).

Ketika musim kompetisi 1987/1988 akan bergulir, Chelsea membuat gebrakan dengan menjalin kerja sama dalam jangka waktu yang sangat panjang dengan perusahaan elektronik dan komputer asal Amerika Serikat, Commodore. Chelsea menjalin kerja sama dengan Coomodore hingga musim kompetisi 1992/1993 berakhir. Kerja sama yang dijalin dengan perusahaan asal Amerika Serikat Tersebut merupakan kontrak sponsor di kaos Chelsea dengan durasi terpanjang dalam sejarah klub. Selain menjalin kontrak yang sangat panjang, nilai kerja sama antara Chelsea dengan Commodore memecahkan rekor sebagai nilai kontrak terbesar di jersey klub Inggris saat itu.

Setelah era Commodore, Chelsea berkali-kali menjalin kontrak dengan sponsor dan perusahaan lainnya, namun durasinya tidak pernah selama Commodore. Terhitung hingga tahun 2016 ini, total sudah ada sembilan perusahaan berbeda (dengan sebelas brand) yang namanya pernah terpampang di jersey Chelsea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *