Kaos Bola Klub Eropa Paling Laris 2016

Kaos bola atau jersey merupakan identitas yang membedakan sebuah klub. Jersey merupakan simbol kebesaran sebuah klub. Warna dan corak jersey utama sebuah klub biasanya akan dipertahankan dalam waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, rilisan jersey utama sebuah klub, terutama klub-klub terkemuka di daratan Eropa, akan selalu ditunggu oleh penggemarnya. Membeli jersey terbaru sebuah klub kesayangan merupakan rutinitas tahunan yang dilakukan oleh penggemar sepak bola yang fanatik. Salah satu bukti bahwa jersey terbaru sebuah klub selalu ditunggu oleh para penggemar adalah jumlah penjualan jersey klub yang cukup besar setiap tahunnya. Bahkan, jumlah penjualan jersey tersebut mampu memberikan pemasukan yang tidak sedikit yang sangat berguna untuk memenuhi beaya operasional sebuah klub.

Desain jersey sebuah klub bola biasanya akan berubah setiap musim, namun tanpa mengubah warna dan coraknya. Untuk itulah para penggemar selalu memburu jersey sebuah klub sepak bola setuiap kompetisi baru akan bergulir. Baru-baru ini, salah satu agensi marketing terkemuka di bidang olah raga, Euroamericas, merilis daftar penjualan kaos bola klub paling laris di runia. Berikut ini adalah hasil dari rilisan tersebut.

Barcelona menduduki peringkat pertama penjualan jersey klub dengan jumlah penjualan mencapai 4,073 juta jersey original mereka. Meskipun di musim lalu pencapaian Barcelona tidak sebaik musim-musim sebelumnya, namun loyalitas supporter fanatik klub yang bermarkas di Catalunya ini tidak perlu diragukan.

Jika barcelona menduduki peringkat pertama dari sisi jumlah penjualan, maka Manchester United juga menempati urutan pertama dari sisi peningkatan jumlah penjualan. Jumlah jersey MU yang terjual melonjak hampir 40% dari jumlah penjualan tahun sebelumnya yang laku sebanyak 2,077 juta. Musim 2016 ini jersey MU terjual sekitar 3,812 juta. Pelonjakan ini terjadi karena faktor masuknya pemain baru seperti Ibrahimovic dan Pogba.

Sementara pada posisi ketiga ditempati oleh klub asal Jerman yaitu Bayern Munchen. Jersey resmi Bayern Munchen terjual sebanyak 3,401 juta pada awal musim ini. Posisi Bayern Munchen di posisi ketiga disusul oleh klub Inggris Arsenal yang berhasil menjual jersey original sebanyak 3,109  juta. Sementara di posisi kelima, ditempati oleh klub raksasa Perancis yaitu  Paris Saint-Germain (PSG) dengan penjualan sebanyak 2,810 juta jersey. Jumlah penjualan terbesar PSG justru datang dari kawasan Timur Tengah dan Asia. Hal tersebut sangat wajar mengingat PSG saat ini dimiliki oleh pengusaha asal Uni Emirat Arab.

Selain faktor desain terbaru, faktor lain yang mempengaruhi naik turunnya penjualan jersey atau kaos bola sebuah klub adalah faktor prestasi dan kedatangan pemain baru. Faktor kedatangan pemain baru, terutama jika pemain tersebut adalah pemain yang menonjol pada musim sebelumnya ketika bermain di klub sebelumnya. Hal yang perlu dicatat, jumlah penjualan jersey original tidak menggambarkan jumlah pendukung sebuah klub, sebab masih banyak jutaan supporter lainnya yang tidak membeli jersey ori melainkan lebih memilih jersey tiruan yang harganya lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *