Nilai Kontrak Sponsor Jersey Chelsea

Salah satu klub raksasa asal Inggris, Chelsea, menyetujui kontrak dengan apparel alat-alat olahraga raksasa asal Amerika, Nike. Kesepakatan itu terjalin tidak lama setelah sebelumnya manajemen Chelsea membuat keputusan mengejutkan dengan memutus kontrak secara sepihak dengan perusahaan apparel Jerman, Adidas. Keputusan manajemen Chelsea memutus kontrak secara sepihak dengan Adidas dan kemudian menjalin kerja sama dengan Nike ditengarai disebabkan oleh pengajuan nilai kenaikan kontrak Chelsea yang ditolak oleh Adidas, sehingga Chelsea menolak untuk menghabiskan durasi kontrak yang sebenarnya masih akan berakhir pada 2021/2022 mendatang. Salah satu media terkemuka asal Inggris, The Telegraph, merilis beberapa fakta terkait nilai kontrak yang ditawarkan Nike demi bisa menjadi sponsor di jersey Chelsea.

The Telegraph mengeluarkan statement bahwa hubungan buruk antara Chelsea dengan Adidas terjadi setelah Adidas menolak kenaikan nilai kontrak dari £ 30 juta menjadi £ 60 juta. Chelsea merasa Adidas berlaku tidak adil sebab di sisi lain Adidas menjalin kontrak dengan Manchester United dengan nilai hingga £ 75 juta per musim. Melihat besarnya nilai kontrak antara Manchester United dengan Adidas, wajar jika Chelsea ingin meminta kenaikan jumlah nilai kontrak. Namun permintaan Chelsea ditolak mentah-mentah oleh Adidas, dan tetap kukuh dengan nilai kontrak sebesar £ 30 juta per musim. Melihat penolakan tersebut, managemen Chelsea akhirnya berang dan memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan Adidas.

Baca juga: Sponsor Jersey Chelsea Era 1980-an

Keputusan Chelsea yang memutus kontrak secara sepihak enam tahun lebih awal dari kontrak yang telah ditentukan mengharuskan klub yang berjuluk The Blues tersebut harus membayar kompensasi sebesar £ 40 juta kepada Adidas. Meski harus membayar kompensasi yang cukup besar tersebut, Chelsea merasa tidak rugi sebab meraka yakin bisa menggaet sponsor baru yang nilai kontraknya bisa mencapai dua kali lipat dari apa yang diberikan Adidas kepada Chelsea.

Di tengah berakhirnya hubungan Chelsea dengan Adidas, Nike masuk dengan menawarkan nilai kontrak sebesar £ 60 juta per tahun. Tawaran tersebut tentu tidak disia-siakan Chelsea. Managemen Chelsea menyetujui bahwa Nike akan menjadi penyedia kit resmi Chelsea dan logo Nika akan menghiasi jersey Chelsea di musim depan. Dengan kesepakatan tersebut, kucuran dana dari Nike akan membantu Chelsea terus bersaing dalam memburu pemain baru di bursa transfer untuk memperkuat skuad.

Adu Gengsi Nilai Kontrak

Para klub raksasa Inggris memang seakan bersaing adu gengsi demi mendapatkan nilai kontrak tertinggi dari sponsor kit mereka. Di Inggris, nilai kontak Manchester United masih yang paling tinggi dengan nilai kontrak £ 75 juta per tahun dari Adidas, disusul dengan Chelsea di tempat kedua dengan £ 60 juta per tahun dari Nike. Meski menduduki posisi kedua, nilai kontrak Nike untuk menjadi sponsor di jersey Chelsea nilainya sudah sangat besar, jumlahnya bahkan dua kali lipat dari nilai kontrak Arsenal dengan Puma, dan bahkan lebih dari tiga kali lipat dari yang diperoleh Manchester City dari Nike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *