Nilai Kontrak Sponsor Jersey Arsenal

Arsenal FC, salah satu klub yang selalu menduduki empat besar di Liga Inggris, baru-baru ini merilis besaran nilai kontrak yang terjalin dengan sponsor resmi mereka. Klub yang berjuluk Meriam London ini memperoleh pemasukan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya dengan kontrak baru yang dijalin dengan sponsor mereka, baik sponsor yang memperpanjang durasi kontrak atau sponsor yang baru masuk. Dengan pemasukan yang cukup besar dari sponsor, Arsenal harus berani berbelanja pemain untuk memperkuat skuad mereka agar mampu bersaing menjadi juara Liga Inggris, sebuah gelar yang tidak lagi mereka rasakan selama belasan tahun. Berikut ini adalag nilai kontrak sponsor di jersey Arsenal dan sedikit perbandingannya dengan nilai kontrak yang diperoleh klub-klub Inggris lainnya.

Sponsor utama Arsenal yang memperpanjang durasi kemitraan dan nilai kontrak adalah Emirates. Maskapai penerbangan internasional asal Unie Emirates Arab ini mengumumkan nilai kontrak baru dengan Arsenal yang bernilai total £ 150 juta dengan durasi kesepakatan selama lima tahun sampai akhir musim 2018/2019. Perpanjangan durasi kontrak dan nilai besaran kontrak tersebut memperpanjang kerja sama Arsenal dengan Emirates yang sdauh terjalin sejak tahun 2004, yaitu ketika Emirates hanya menjadi penyedia maskapai, belum menjadi sponsor utama di jersey Arsenal. Nama dan logo Emirates (Fly Emirates) baru menjadi sponsor kaos Arsenal sejak musim 2006/ 2007.

Di luar kesepakatan tersebut, antara Arsenal dengan maskapai Emirates juga terjalin kesepakatan lain berupa penyedia maskapai hingga tahun 2021. Selain itu, Emirates juga berhak atas hak penamaan stadion markas Arsenal hingga 2028 mendatang, yaitu dengan mengusung nama Emirates Stadium.

Selain nilai kontrak yang meningkat dengan Emirates, Arsenal juga telah menyetujui kesepakatan sponsor kit dengan raksasa proudsen alat-alat olahraga yaitu Puma. Nilai kontrak yang dijalin antara Arsenal dengan Puma mencapai £ 30 juta per tahun, atau sebesar £ 150 juta per lima tahun. Dan di luar besaran nilai kontrak tersebut, Puma bisa menaikkan nilai kontraknya hingga total £ 170 juta jika prestasi Arsenal meningkat pada musim ini.

Persaingan dan Budjet Transfer

Meski nilai kontrak yang dijalin Arsenal dengan Puma sudah sangat besar, namun nilai kontrak tertinggi untuk sponsor kit di tanah Inggris masih dipegang oleh Manchester United yang mendapatkan kontrak £ 75 juta per tahun dari Adidas, juga masih separuh nilai kontrak antara Chelsea dengan Nike yang senilai £ 60 juta per tahun. Persaingan antar klub peserta Liga Inggris memang tidak hanya terjadi di dalam lapangan, namun juga di luar lapangan seperti dalam menarik minat sponsor.

Dengan gelontoran uang dari Puma sebagai sponsor penyedia peralatan olahraga dan jersey Arsenal, pelatih Arsenal yaitu Arsene Wenger diberi budjet belanja untuk mentransfer pemain yang disukainya senilai £ 70 juta setiap musim transefer untuk memperkuat skuad asuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *