Tips Memilih Jersey Sepeda yang Aman dan Berkualitas

Bagi orang yang menekuni olahraga sepeda secara serius, atau setidaknya menjadikannya sebagai hobi yang rutin, memilih jersey yang aman dan berkualitas merupakan keniscayaan. Jersey yang tepat akan mendukung laju pesepeda ketika berkendara. Selain itu, jersey yang tepat akan membantu pengendara dalam hal keselamatan. Salah memilih jersey dapat menghambat laju pesepeda, dan bahkan bisa membahayakan pesepeda. Menggunakan perlengkapan sepeda yang sesuai dengan standar sangat dianjurkan, baik dari segi kualitas bahan maupun ukuran. Salah satu perlengkapan yang sangat vital ketika bersepeda adalah jersey sepeda. Jersey tersebut merupakan pakaian khusus untuk pesepeda yang didesain dengan potongan memanjang di bagian belakang atau punggung, selain itu, kantong jersey juga diletakkan di bagian belakang agar tidak mengganggu aktivitas bersepeda, dan demi menjaga keamanan sebab jika diletakkan di depan, benda di kantong akan mudah jatuh sebab pesepeda umumnya mengemudi dengan posisi membungkuk. Berikut ini adalah ulasan mengenai tips memilih jersey yang aman dan berkualitas untuk bersepeda.

Memilih Jersey Berpori

Iklim dan cuaca di Indonesia yang cenderung panas dan kering membuat pengendara sepeda lebih mudah berkeringat. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih jersey sepeda dengan bahan yang berpori, seperti dry fit, cotton dry, atau micro fibre eyelet. Bahan-bahan tersebut memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap keringat dan menyalurkan keringat ke lapisan terluar jersey, sehingga tidak akan membuat kulit pengembara menjadi lembab.

Memilih Jersey Ketat

Untuk pesepeda yang memilih jersey yang menunjang kecepatan ketika bersepeda, pilihlah jersey yang ketat atau press body, agar angin tidak tertampung di dalam jersey ketika sepeda sedang melaju. Angin yang tertampung di jersey, yang menyebabkan jersey menggelembung, akan menghambat laju pengendara sehingga lajunya lebih lambat. Baju balap yang melekat di badan atau press body akan mengurangi daya gesek angin. Sementara untuk pengendara yang bersepeda dalam rangka bersantai, pilihlah jersey yang paling nyaman dan tidak lengket.

Baca juga: Harga Jersey Sepeda Terkini 2017

Memilih Jersey dengan Zip/ Resleting Belakang

Pada atlet sepeda profesional umumnya cenderung mengenakan jersey dengan resleting atau zip yang terletak di belakang, bukan di depan. hal ini dimaksudkan agar resleting di belakang tidak menjadi jalan masuk bagi angin, berbeda jika resletingnya terletak di depan, maka angin akan lebih mudah masuk. Sementara untuk pesepeda yang bersepeda hanya sebagai hobby, bukan untuk berkompetisi, memilih jersey dengan zip atau resleting di bagian depan sangat disarankan agar ketika badan mulai menucurkan keringat, resleting bisa dibuka sehingga keringat di badan lebih cepat kering.

Selain tips-tips yang disebutkan di atas, dalam memilih jersey sepeda, pilihlah jersey yang jahitannya halus dan lembut, agar kulit tidak tergores ketika dikenakan. Sebab tidak jarang, goresan yang disebabkan oleh jahitan yang aksar membuat kulit terluka. Pilihlah jersey yang aman dan nyaman agar kegiatan bersepeda bisa menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *