Merawat Jersey, Tips Mencuci, Menjemur, Menyetrika Dan Menyimpannya

Bagi Anda pecinta olahraga sepak bola, tentu tidak asing dengan jersey. Jersey adalah baju atau kaos team/ perorangan sepak bola yang dipakai saat pertandingan. Sekarang kaos jersey banyak yang menggunakannya walaupun mereka bukan penggemar sepak bola. Tapi tidak semuanya paham bagaimana cara merawat jersey yang benar.

Bagi sebagian orang memiliki kaos jersey merupakan suatu kebanggaan, apalagi yang original. Oleh sebab itu penting mengetahui cara perawatannya agar kaos lebih awet dan tahan lama. Harga kaos jersey bervariasi, tergantung kualitas kaos tersebut. Berikut ini kami akan memberikan informasi berupa tips cara merawat jersey mulai dari tahapan mencuci, menjemur, menyetrika hingga cara menyimpannya. Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Tips Mencuci Jersey

  • Pertama-tama siapkan ember lalu isi dengan air setengahnya. Taburkan setengah genggaman detergen, lalu aduk hingga detergen tercampur dalam air.
  • Masukkan jerset ke dalam ember tersebut, lalu diamkan kurang lebih 2 – 3 menit.
  • Untuk menghilangkan kotoran atau noda yang membandel lakukan cara berikut: angkat jersey dari air lalu rendam kembali, lakukan cara tersebut 2 – 3 kali.
  • Setelah diangkat dan dicelupkan berkali-kali, lakukan pembilasan, caranya: masukkan jersey ke dalam ember berisi air bersih, lalu angkat dan celupkan berulang-ulang sampai buih detergen hilang.
  • Setelah proses pembilasan selesai, jemur jersey menggunakan hanger atau gantungan baju di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Tips Menyetrika Jersey

Saat menyetrika kaos jersey gunakan suhu yang rendah, tidak terlalu panas. Jika sablonan pada jersey mudah lepas, cara setrikanya harus dibalikkan, bagian patch ada di dalam. Gunakan suhu panas yang sedang, hindari terlalu panas karena bisa menyebabkan huruf atau gambar pada kaos terkelupas, cepat berbulu. Jika Anda khawatir hal tersebut, lapisi jersey dengan kain diatasnya, agar kaos tidak kontak langsung dengan setrikaan.

Baca juga: Cek Harga Perlengkapan Futsal Model Baru: Jersey Futsal, Tas Futsal dan Sepatu Futsal 2017

Tips Menyimpan Jersey

Setelah disetrika dengan rapi, hindari terkena gesekan terutama dengan permukaan yang kasar. Hal tersebut harus dihindari agar benang-benang tidak tertarik dan menyebabkan timbulnya bulu-bulu. Biasanya bulu-bulu pada kaos jersey muncul pada waktu jatuh saat di lapangan. jadi, simpan dengan cara digantung, cara ini untuk menghindari juga sablonan pada kaos terkelupas atau retak.

Hal-Hal Yang Harus Dihindari

  • Pada waktu mencuci, jangan memeras kaos dengan cara diplintir. Karena bisa menyebabkan sablonan terkelupas.
  • Jangan merendam jersey terlalu lama pada air detergen, disarankan paling lama 5 menit. Karena dikhawatirkan warnanya luntur.
  • Hindari mencuci menggunakan mesin cuci, karena bisa membuat serat atau bulu-bulu kain muncul dan menyebabkan sablonan rusak.
  • Jangan gunakan mesin pengering atau spin, selain itu hindari menjemur disampirkan menggunakan tali jemuran. Sebaiknya gunakan hanger agar bentuk jersey tidak berubah dan mengkerut.

Itulah tips merawat jersey yang bisa Anda coba lakukan. Dengan perawatan yang benar, bisa membuat jersey selalu terlihat baru dan lebih tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *