Cara Perawatan Jersey Mu Agar Lebih Awet Dan Terlihat Baru

Selain senang melihat pertandingan sepak bola, para penggemar bola memiliki hobi memiliki souvenir-sovenir khas dari klub kesayangannya. Salah satu benda yang menjadi komoditas yang paling banyak dijual di pasaran dan paling banyak peminatnya adalah jersey atau seragam klub saat bertanding di lapangan hijau. Apapun klub jersey mu, penting untuk melakukan perawatan.

Perawatan yang benar bisa membuat kaos terlihat baru dan tahan lama. Namun sayangnya tidak semua pemilik jersey mengetahui dan tidak melakukan perawatan yang benar, akibatnya kaos jadi terlihat kusam, meral atau bagian sablonnya terkelupas. Tentu hal tersebut tidak pernah Anda inginkan, apalagi jika jersey mu termasuk jenis yang ori/ asli.

Mencuci Jersey Yang Benar

Nah, jika tidak ingin jersey cepat rusak sebaiknya ikuti tips perawatan jersey yang benar berikut ini.

  1. Mencuci jersey sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci karena bagian sablonnya bisa terkelupas dan membuat jersey berbulu. Jadi sebaiknya cuci dengan cara manual (menggunakan tangan).
  2. Pertama-tama siapkan dua buah ember ukuran sedang. Lalu isi keduanya menggunakan air secukupnya. Ember pertama taburkan dengan detergen lalu aduk hingga bubuk detergen tercampur dengan rata dan mengeluarkan busa. Sedangkan ember yang kedua dan isi dengan air bersih (tanpa detergen).
  3. Masukkan jersey ke ember pertama yang sudah diisi ditergen. Lalu diamkan kurang lebih selama 2 – 3 menit. Jangan terlalu lama merendam jersey, paling lama cukup 5 menit saja. Karena jika terlalu lama bisa membuat warna jersey kusam.
  4. Setelah direndam, cuci dengan cara diangkat lalu dicelup berulang-ulang hingga dirasa bersih. Jangan pernah mengucek, menggosok, menyikat karena bisa menyebabkan sablonannya mengelupas.
  5. Setelah dirasa jersey bersih, pindahkan jersey ke ember kedua yang sudah berisi air bersih. Lalu celup dan angkat hingga busa detergen yang menempel hilang.
  6. Setelah detergennya benar-benar hilang, angkat hingga airnya turun. Jangan peras jersey dengan cara diplintir atau diputar dengan tangan.
  7. Setelah airnya turun, jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari menjemur jersey di tali jemuran, sebaiknya menggunakan hanger untuk menjemur.

Baca juga: Merawat Jersey, Tips Mencuci, Menjemur, Menyetrika Dan Menyimpannya

Menyetrika Jersey

Setelah kering, lanjutkan menyetrika jersey yaitu sebagai berikut:

  1. Setrika jersey dengan cara dibalikan, bagian luarnya di dalam.
  2. Gunakan kertas koran diatas permukaan jersey. Hal ini untuk mencegah sablonan pada jersey terkelupas.
  3. Gunakan suhu yang tidak terlalu panas.

Demikian tips merawat jersey mu agar lebih awet dan tahan lama. Melakukan perawatan yang benar bisa membuat jersey terlihat seperti baru. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat, khususnya bagi Anda yang gemar mengoleksi jersey. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *