Cara Merawat Jersey Futsal dan Perlengkapan Futsal Lainnya

Bermain futsal kini sudah menjadi gaya hidup kaum muda yang tinggal di kota-kota besar. Terbatasnya jumlah lahan yang luas untuk dijadikan lapangan bola membuat olahraga futsal menjadi alternatif bagi kaum muda yang menggemari permainan sepak bola. Tidak sekadar penggemar sepak bola, kini penggemar olahraga futsal juga terdiri dari orang dengan beragam profesi yang ingin menjalan relasi perkawanan di luar pekerjaan dan mereka yang tetap ingin hidup sehat dengan menjalankan olahraga secara rutin, dan pilihan mereka jatuh kepada olahraga futsal. Permainan futsal yang cukup sederhana barangkali menjadi alasan mengapa olahraga ini begitu cepat digemari. Hampir semua orang yang setidaknya bisa menendang bola akan bisa bermain futsal jika sudah terbiasa. Perlengkapan futsal pun tidak terlalu rumit, cukup membawa sepatu futsal dan jersey futsal, setiap orang pun bisa bergabung untuk bermain futsal. Terdapat beberapa perlengkapan dasar dalam permainan futsal. Berikut ini adalah tips cara merawat jersey dan sepatu futsal agar lebih aman dan nyaman ketika dipakai lagi.

Cara Merawat Jersey

Cara merawat jersey futsal tergantung pada bahan dan kualitas jersey tersebut. Jika jersey tersebut adalah jersey dengan kualitas super atau jersey original, maka perawatannya tentu lebih khusus dan lebih rumit dibandingkan dengan perawatan jersey biasa. Untuk merawat jersey dengan kualitas super atau original, cara merawatnya adalah tidak boleh mencuci dengan mesin cuci. Mesin cuci dapat merusak bahan kain jersey dan bisa membuat permukaan kain menjadi lebih kasar. Selain tidak boleh dicuci dengan mesin, jersey juga tidak boleh disikat menyikat jersey original bisa merusak tulisan dan warna jersey. Jersey original paling baik adalah diocuci dengan merendamnya selama sekitar 15 menit di air dengan suhu normal dengan diberi pelembut. Setelah selesai dicuci, jemurlah jersey dengan diangin-anginkan di tempat yang rindang.

Baca juga: BEBERAPA MANFAAT OLAHRAGA FUTSAL

Cara Merawat Sepatu Futsal

Untuk perawatan sepatu futsal, agar sepatu futsal lebih awet dan tetap nyaman digunakan dalam waktu yang lama, sepatu futsal harus dicuci setidaknya setiap tiga kali pemakaian. Jangan pernah menaruh kaus kaki yang habis dipakai bermain futsal di dalam sepatu, karena hal tersebut bisa menimbulkan jamur di permukaan kulit sepatu bagian dalam. Setelah dipakai, usahakan melepas atau melonggarkan tali sepatu kemudian diangin-anginkan atau dijemur di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Cara Merawat Bola Futsal

Selain jersey futsal dan sepatu futsal, bola untuk permainan futsal juga harus dirawat agar laju boja bisa normal dan stagnan ketiga digunakan. Banyak sekali bola futsal yang tidak terawat akhirnya jadi lonjong (tidak bulat utuh) dan bahkan tidak lagi enak untuk digunakan, entah itu terlalu keras atau terlalu ringan. Jika bola futsal yang dipakai adalah milik sendiri, usahakan untuk mengurangi angin pada bola futsal tersebut setelah selesai digunakan, kemudian simpan di tempat yang sejuk. Pompa lagi bola tersebut ketika akan digunakan. Cara perawatan yang demikian akan membuat bola futsal lebih awet dan lajunya tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *