Cara Memilih Baju Jogging yang Tepat

Jogging adalah salah satu olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh semua orang, selain murah, jogging juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tak harus di gedung olahraga atau di lintasan khusus, jogging di jalanan komplek rumah pun bisa menjadi pilihan yang menyenangkan, namun yang penting harus jauh dari polusi udara. Selain tempat yang harus diperhatikan, baju jogging juga harus dipilih yang tepat dan sesuai dengan tubuh.

baca juga: Memilih Baju Fitness yang Aman dan Nyaman

Jogging memang olahraga yang mudah, namun bukan berarti kelengkapan saat berolahraga tidak diperhatikan dengan baik, karena hal ini juga berpengaruh pada tingkat kenyamanan serta hasil dari olahraga jogging.

Saat berjogging hendaknya menggunakan pakaian yang sesuai, ini bertujuan agar tubuh terhindar dari cedera dan bisa merasa nyaman saat dikenakan. Pemilihan pakaian yang benar akan menghindarkan tubuh pasca berlari, beberapa jenis pakaian yang bisa digunakan saat berlari adalah kaos, bra olahraga (khusus untuk perempuan), jaket running, dan lain-lainnya.

Salah satu faktor yang penting saat memilih pakaian jogging ialah kondisi cuaca. Pakaian jogging untuk cuaca dingin tentunya berbeda dengan pakaian jogging untuk cuaca panas. Saat cuaca panas, pilih pakaian yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kulit bisa bernafas sehingga keringat yang keluar bisa menguap dengan segera. Saat panas, pakaian berbahan polyester bisa menjadi pilihan, hindari mengenakan pakaian dengan bahan katun yang memiliki sifat menyerap keringat, hal ini tentunya menyebabkan seluruh tubuh menjadi basah dan tentunya akan membuat tubuh tidak nyaman.

Apabila cuaca dingin, pakaian yang digunakan juga berbeda. Untuk menjaga tubuh agar tetap hangat, maka jangan menggunakan jaket atau pakaian tebal, ini dapat meningkatkan suhu tubuh dan keringat juga akan sulit menguap.

Sedangkan dalam cuaca yang berangin, pilih jaket running yang bisa menghalau angin masuk ke dalam tubuh. Jaket bisa membuat tubuh tetap hangat. Pilih jaket dengan ventilasi yang baik sehingga selain hangat, tubuh akan merasa nyaman. .

Baju jogging bisa digunakan serta dipadupadankan dengan beragam jenis bawahan, baik itu celana training, celana jogger, celana ketat, atau celana yoga. Agar lebih terlihat stylish, saat jogging juga bisa mengenakan sarung tangan, sepatu running dengan wana-warna keren, juga headphone untuk mendengarkan lagu.

Akan tetapi, jangan hanya memikirkan penampilan saja, namun juga harus konsisten untuk melakukan jogging. Apabila rasa malas mulai menyerang ketika akan berolahraga, maka ingat kembali niat awal jogging, untuk menjaga kesehatan atau hanya untuk ikut-ikutan saja.

Untuk menyemangati diri, selain dengan mendengarkan musik favorit ketika jogging, juga bisa mengenakan baju jogging kesukaan atau bisa dengan mengajak teman atau pasangan untuk berlari bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *