Cara Memilih Jersey Futsal yang Nyaman

Olahraga futsal atau sepak bola dalam ruangan merupakan olahraga yang kini sangat populer di Indonesia. Banyaknya lapangan futsal yang dibangun di berbagai kota-kota besar di Indonesia membuktikan bahwa olahraga yang satu ini semakin memasyarakat. Selain itu, digelarnya kompetisi futsal yang diadakan oleh berbagai lembaga dan perusahaan juga merupakan bukti lain bahwa peminat olahraga yang satu ini sangatlah tinggi. Salah satu faktor mengapa olahraga ini menjadi populer dan digemari adalah karena futsal relatif mudah dimainkan, tidak terlalu menguras fisik sebab lebar lapangannya relatif sempit. Selain itu, peralatan dan aksesoris untuk memainkan futsal juga cukup sederhana, yaitu hanya memerlukan lapangan futsal, sepatu futsal, dan jersey. Jersey merupakan pakaian olahraga yang biasa digunakan untuk bermain futsal. Dalam bermain futsal, fungsi jersey sangatlah penting. Salah memilih jersey justru akan membatasi gerak seorang pemain futsal sehingga penampilannya menjadi tidak maksimal. Berikut ini adalah kiat-kiat atau cara memilih jersey futsal yang nyaman digunakan.

Memilih Bahan yang Berkualitas

Bahan jersey futsal yang berkualitas berarti adalah bahan yang mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Ketika bermain futsal, seseorang tentu akan mengeluarkan banyak keringat, apalagi kalau ia aktif bergerak dan berlari. Agar keringat yang dihasilkan oleh tubuh tidak terlalu mengganggu, pilihlah jersey dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak menampung keringat, sebab bahan yang menampung keringat tentu akan membatasi gerak seorang pemain futsal karena bobotnya semakin berat. Sementara itu, memilih jersey dengan bahan yang memiliki sirkulasi udara berfungsi mempermudah pori-pori kulit untuk bernafas dengan baik. Jangan lupa, pilihlah kaos futsal yang lebut agar ketika digunakan tidak kasar dan membuat kulit tidak nyaman.

Selain bahan, pastikan juga warna jersey futsal tidak mudah luntur, baik di bagian material kainnya maupun di bagian sablonannya.

Pilih Jersey yang Sesuai Ukuran

Jangan memilih jersey yang ukurannya sempit atau lebih besar dari tubuh, pilihlah jersey dengan ukuran ideal. Sebab jersey yang terlalu ketat akan membuat gerak pemain futsal dibatasi, sebaliknya jersey yang terlalu besar akan memunculkan gelembung udara yang akan membuat pemain lebih berat ketika berlari. Jersey yang terlalu ketat juga akan mengganggu sirkulasi udara dan peredaran darah pemakainya, yang akan membuat seorang pemain lebih cepat lelah dan bahkan bisa mengalami diorientasi ringan.

Memilih Jersey yang Kuat dan Jahitan Rapi

Dalam permainan futsal, gesekan antar pemain adalah hal yang biasa, sebab ukuran lapangan yang relatif sempit. Tidak jarang terjadi adegan tarik-menarik jersey antar pemain ketika saling mengejar bola. Jika bahan jerseynya tipis, maka bukan tidak mungkin jersey tersebut akan sobek ketika ditarik. Bukan hanya dari segi bahan yang kuat, jahitan jersey futsal pun harus kuat dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *