Tips Memilih Jersey Sepeda yang Nyaman dan Aman

Bersepeda merupakan kegiatan yang sangat baik untuk berefreshing. Selain menyehatkan, bersepeda membuat kita bisa melihat hal-hal baru di sekitar lingkungan kita yang mungkin jarang kita sakksikan karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Biasanya, bersepeda dilakukan seminggu sekali dengan mendatangi tempat-tempat baru atau juga tempat umum yang ramai seperti alun-alun atau taman kota. Namun sebenarnya, bersepeda bukan hanya sekadar olahraga untuk refreshing, namun juga olahraga adu kecepatan yang dipertandingkan secara profesional. Salah satu jenis pertandingan sepeda adalah sepeda maraton dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya biasanya relatif jauh dan penuh tantangan. Bagi para pesepeda profesional, salah satu faktor yang menunjang kecepatan mengendarai sepeda adalah jersey sepeda. Pakaian khusus pesepeda ini dirancang khusus agar tidak menahan laju sepeda.

Fungsi jersey sepeda mungkin sering diabaikan oleh pesepeda amatir yang hanya bersepeda karena hobi, bukan karena untuk berkompetisi. Padahal, pakaian khusus sepeda ini juga berfungsi sebagai pengaman pengendara sepeda kayuh. Berikut ini adalah beberapa tips memilih jersey yang aman untuk bersepeda.

Jersey Press Body

Ketika bersepeda, sangat disarankan untuk memakai jersey press body dan celana yang press agar jersey tersebut tidak menampung angin. Angin yang ditampung jersey akan membuat jersey atau pakaian menggelembung sehingga membatasi laju menjadi lebih lambat. Sebaliknya, dengan memakai jersey yang ketat atau press body, angin tidak akan tertampung sehingga laju sepeda tidak akan terganggu.

Jersey Tanpa Kantong

Jersey yang nyaman untuk bersepeda adalah jersey tanpa kantong atau saku. Keberadaan saku pada jersey hanya akan mengganggu aktivitas pengendara dan memberatkan bobot jersey dengan barang bawaan di saku. Selain itu, menaruh sesuatu di saku ketika mengendarai sepeda tidak cukup aman dan berpotensi jatuh. Sebainya, pilihlah jersey tanpa kantong. Untuk menyimpan barang bawaan selama bersepeda seperti handuk, handphon, atau bahkan peta, bisa disimpan di tas punggung atau tas perut.

Jersey dengan Potongan Belakang

Jersey bersepeda berbeda dengan jersey olahraga kebanyakan. Jika jersey olahraga umumnya memiliki potongan di bagian depan, jersey khusus bersepeda potongannya terletak di bagian belakang atau di punggung. Potongan memanjang di bagian punggung berfungsi untuk menunjang kenyamanan pesepeda ketika membungkuk. Pesepeda memang lebih sering membungkuk ketika mengayuh pedal untuk menambah kecepatan. Dengan jersey yang memiliki potongan punggung, posisi membungkuk ketika mengayuh akan lebih nyaman.

Memilih Jersey Berpori

Untuk kegiatan bersepeda yang dilakukan di iklim tropis yang cenderung panas, disarankan memakai jersey sepeda dengan bahan dasar berpori atau dri-fit seperti bahan mocro fiber atau cotton dri. Bahan yang berpori berfungsi menarik dan menyalurkan keringat yang dihasilkan oleh tubuh ketika bersepeda sehingga dapat dihantarkan ke permukaan terluar jersey sehingga mudah terkena angin sehingga lebih cepat kering.  Selain jersey yang berpori, disarankan juga untuk memilih jersey dengan jahitan sangat halus agar bekas lipatan atau lekukan tidak membekas di badan, sebab umumnya jersey bersepeda didesain ketat atau press body.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *