Tips Memilih Baju Renang untuk Wanita

Memilih baju untuk berenang, entah itu untuk sekadar refreshing atau untuk mengikuti kejuaraan, seringkali menimbulkan kebingungan di benak sebagian wanita. Banyak hal yang dijadikan pertimbangan ketika akan memilih pakaian renang, mulai dari bagian-bagian tubuh yang dapat terekspose dengan jelas, faktor kenyamanan, hingga faktor rasa percaya diri. Tidak semua pakaian renang yang tersedia di pasaran cocok dengan selera masing-masing wanita, terutama dari segi model dan ukuran. Memakai pakaian renang yang terlalu besar tentu akan menghambat laju ketika sedang berenang, sebaliknya memakai pakaian renang yang terlalu ketat sering membuat wanita merasa tidak percaya diri karena lekuk-lekuk tubuhnya akan tercetak dengan jelas. Memilih pakaian renang yang pas bagi wanita, memang tidak semudah kelihatannya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih baju renang untuk wanita.

baca juga: Burkini : Pakaian Muslim Untuk Berenang

Menyesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Hal pertama yang harus dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan memilih dan membeli pakaian renang yang pas adalah melihat bentuk tubuh kita. Bentuk tubuh yang ramping atau bentuk tubuh yang ideal akan cenderung cocok mengenakan berbagai jenis baju renang, sebaliknya bentuk tubuh yang agak berisi atau gemuk akan sangat riskan jika memilih pakaian renang dengan lebar kain penutup yang tipis. Memilih pakaian renang model string atau tali tipis, misalnya, akan rawan menyelip ke daerah kewanitaan. Oleh sebab itu, memilih baju renang model one piece dengan bagian celana yang agak lebar sangat disarankan. Jika ingin memilih pakaian renang model two pieces, sebaiknya memilih pakaian renang dengan model bawahan berbentuk segi empat, bukan segi tiga. Selain menghindari kemungkinan menyelip, memakai bawahan model segi empat akan menyamarkan bentuk tubuh dan bokong yang cenderung berisi.

Memilih Bahan yang Ringan dan Elastis

Selain model, hal lain yang harus dipertimbangkan ketika memilih pakaian renang adalah bahannya. Pilihlah pakaian renang denagn bahan yang ringan namun kuat, sebab bahan yang berat akan menghambat laju tubuh ketika berenang, selain itu baju yang terlalu berat dan menyerap air dapat membuat tubuh lebih cepat lelah. Disarankan, pilihlah pakaian renang berbehan nilon yang dikenal elastis dan sangat ringan ketika dipakai.

Cobalah pakaian renang yang telah dipilih tersebut sebelum membeli, dan pastikan bagian dada dan bokongnya tidak terlalu ketat atau mencengkeram payudara dan bokong, sebab umumnya pakaian renang diproduksi tidak mempertimbangkan ukuran bokong dan dada pemakainya.

Sebagai tips tambahan, pilihlah warna baju renang yang disesuaikan dengan bentuk tubuh, sebab beberawa warna memberikan kesan dan efek tertentu bagi tampilan bentuk tubuh. Bagi wanita yang memiliki warna kulit cenderung gelap, pilihlah pakaian berwarna merah atau biru, sebab warna tersebut mampu memberikan efek cerah sehingga kulit terlihat lebih bercahaya. Bagi wanita yang memiliki tubuh berisi, pakaialah pakaian renang berwarna hitam karena akan membuat tubuh terlihat lebih ramping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *