Tips Memilih Baju Senam yang Nyaman untuk Wanita

Salah satu perlengkapan senam yang dapat menunjang kegiatan senam yang dilakukan oleh wanita adalah pakaian senam yang nyaman dan pas. Dengan memakai pakaian senam yang pas dan tepat, para wanita akan lebih luwes dan leluasa dalam mengikuti gerakan-gerakan senam. Sebaliknya jika memakai pakaian senam yang tidak tepat, para wanita akan terhambat dalam melakukan gerakan-gerakan tertentu. Selain menghambat ketika melakukan berbagai gerakan senam, pakaian senam yang salah dapat menyebabkan wanita mengalami cedera ringan sebab gerakannya terhambat atau ototnya tertaik oleh pakaian yang dikanakannya. Oleh sebab itu, memilih pakaian senam yang tepat harus diutamakan agar senam yang diikuti dapat menyehatkan dan berjalan menyenangkan. Pakaian senam yang dipilih harus membuat tubuh lebih mudah dalam bergerak sesuai dengan gerakan yang dicontohkan oleh instruktur. Berikut ini adalah ulasan mengenai tips-tips memilih baju senam yang nyaman untuk para wanita.

baca juga: Memilih Baju Senam Untuk Wanita Berhijab

Memilih Bahan yang Lembut dan Ringan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih pakaian senam adalah bahannya. Bahan yang kasar akan membuat pemakainya tidak nyaman, apalagi jika mulai bergerak, tekstur bahan yang kasar tentu akan menyakiti kulit bahkan bisa berpotensi menggores kulit. Selain bahan yang kasar, bahan yang berat juga akan menghambat para wanita ketika melakukan gerakan senam tertentu. Oleh sebab itu, memilih pakain senam dengan bahan yang lembut dan ringan sangat disarankan. Selain itu, jahitan pada pakaian senam yang dipilih juga harus lembut dan tidak kasar, sebab ketika berolahraga kulit akan cenderung lembab. Kulit lembab yang sering terkenan gesekan akan membuat kulit mudah luka.

Menyesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Pakaian senam yang paling tepat adalah pakaian senam yang sesuai dengan bentuk tubuh, yaitu baju senam yang tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu ketat. Pakaian yang terlalu longgar tentu akan memberatkan pemakainya, sebaliknya pakaian yang terlalu ketat akan menghambat dan mengganggu pemakainya dalam melakukan gerakan-gerakan tertentu. Belum lagi, pakaian yang terlalu longgar dan terlalu kendor juga akan berpengaruh pada bentuk payudara. Pakain yang terlalu kendor, terutama di bagian dada, akan membuat payudara lebih kendor, apalagi jika ketika mengikuti senam tidak memakai sport-bra. Sementara, memakai pakaian yang terlalu ketat akan membuat payudara menjadi terhimpir, yang tentu juga mempengaruhi bentuk payudara menjadi lebih lebar.

Bahan yang Menyerap Keringat

Ketika melakukan olahraga seperti senam, hal yang menjadi pengganggu dan membuat tidak nyaman adalah keringat. Keringat yang diproduksi tubuh akan membasahi pakaian yang dikenakan, bahkan tidak jarang keringat akan menetes dari pakaian dan membasahi arena senam. Oleh sebab itu, memilih pakaian senam dengan bahan yang mampu menyerap keringat dengan baik sangat disarankan. Pilihlah baju senam yang mampu menyerap keringat sekaligus memiliki kemampuan untuk mengeringkan keringat, seperti bahan nylon atau katun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *