Jenis-jenis Celana Yoga

Yoga merupakan suatu kegiatan olah tubuh dan pikiran yang bertumpu pada pernafasan. Yoga merupakan upaya penyatuan nafas dan pikiran kita agar selaras dengan alam, sehingga energi positif dapat diserap oleh tubuh kita seiring nafas yang kita hirup. Yoga merupakan meditasi yang mengandalkan ketenangan dan kenyamanan. Banyak faktor yang dapat menciptakan ketenangan dan kenyamanan dalam melakukan yoga, mulai dari pemilihan waktu dan tempat yang tepat, hingga pemilihan pakaian dan celana yoga yang tepat.

baca juga: Jenis-jenis Celana Olahraga

Perlengkapan ketika melakukan yoga relatif simpel, seperti cukup memakai atasan dan bawahan yang nyaman. Memakai celana yang nyaman akan membuat kita lebih leluasa dalam melakukan gerakan-gerakan yoga. Jika memakai celana yang salah, ketenangan yang ingin kita capai dengan melakukan yoga dapat terganggu, misalnya karena celana yang kita gunakan terlalu panas atau terlalu ketat sehingga konsentrasi kita akan buyar. Berikut ini akan dibahas jenis-jenis celana yoga yang nyaman untuk digunakan agar dapat menunjang kegiatan yoga yang kita lakukan.

Jenis celana yoga yang banyak digunakan adalah celana berbahan katun. Celana dengan kain berbahan katun dapat menyerap keringat yang keluar ketika sedang bermeditasi dan dapat mendinginkan suhu tubuh kita yang naik ketika kita memasuki tahap konsentrasi yang tinggi. Celana dengan bahan katun sangat tepat untuk digunakan ketika melakukan yoga. Pilihlah celana katun yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar, agar kita nyaman dalam melakukan setiap gerakan yoga.

Celana legging juga sering digunakan untuk yoga. Celana legging yang berbentuk ketat dan elastis dapat membuat kita lebih nyaman ketika melakukan yoga, terutama celana legging yang berbahan tipis dan ringan. Bahan yang tipis, elastis, dan ringan akan membuat celana jenis ini ketika dipakai akan mencetak lekukan tubuh bagian bawah kita, dan menempel sepenuhnya dengan kulit kita. Namun memakai celana legging tetap menjadi pilihan kebanyakan perempuan yang melakukan yoga sebab yoga yang mengutamakan ketenangan dan sering dilakukan di tempat sepi, sehingga meski lekukan tubuh bagian pinggang hingga lutut kita tercetak dengan jelas, pemakainya tidak perlu merasa risih.

Jenis celana lain yang juga dapat menjadi pilihan dalam melakukan yoga adalah kain kombinasi katun dan sintesis. Kain jenis ini dapat membantu kulit kita untuk bernafas, sehingga keringat yang kita hasilkan dapat keluar dengan maksimal. Kain yang sintesis juga sangat lentur, sehingga dapat sesuai dengan bentuk tubuh kita. Celana berbahan denim juga bisa menjadi pilihan ketika melakukan yoga.Celana denim akan membuat kita akan tetap kelihatan kasual dan modis. Celana jenis ini juga tidak kaku ketika digunakan.

Kesimpulannya, hal terpenting yang harus menjadi pertimbangan kita dalam memilih celana yoga adalah jenis model dan bahannya. Model dan bahan akan saling menunjang dalam menghasilkan celana yang nyaman untuk digunakan ketika yoga. Pilihlah celana dengan tali pinggang yang elastis, agar bagian pinggang kita tidak terjepit. Pinggang yang terjepit akan mengganggu kita dalam bernafas, yang merupakan elemen terpenting dalam melakukan yoga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *