Tips Merawat Jersey Sepakbola Original Kesayangan

Bagi penggemar sepakbola, memiliki jersey tim kesayangan terutama yang original tentu jadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Jersey bisa dikatakan sebuah pakaian, baju atau kaos seorang yang dipakai saat pertandingan olahraga Sepakbola. Terlepas dari kualitas jersey sepakbola, berikut ini tips merawat jersey sepakbola original kesayangan untuk Anda.

Pencucian Jersey

Sebelum mencuci jersey Anda, sebaiknya siapkan dulu ember yang diisi dengan air dingin bersama sabun atau detergen yang telah diaduk rata. Kemudian jersey dimasukan dalam ember berisi air sabun tadi dan dibiarkan selama dua sampai tiga menit saja. Jika ada kotoran yang membandel, maka angkat jersey dari air lalu rendam lagi. Sebaiknya lakukan hal ini secara berulang-ulang. Jadi, jersey tidak perlu dikucek, untuk menjaga sablonnya tetap baik. Setelah dirasa cukup, jersey diangkat lalu dicelupkan pada air bilasan. Anda bisa melakukannya dengan berulang-ulang hingga sampai deterjen dan buih deterjen hilang. Jangan memeras jersey dengan dipuntir terlalu keras karena akan merusak sablonnya. Terakhir, jemur jersey tadi dengan hanger di tempat yang tidak secara langsung terkena sinar matahari.

Menyetrika Jersey

Untuk menyetrika jersey, Anda tidak butuh setrika yang terlalu panas. Gunakan saja level penas yang rendah. Agar sablonan awet, setrika jersey dengan cara terbalik. Jadi, Anda menyetrika bagian dalamnya saja. Tips lain yang dapat Anda coba adalah melapisi jersey dengan kain di atasnya saat menyetrika tanpa dibalik, sehingga setrika tidak bersentuhan langsung dengan sablonnya.

Menyimpan Jersey

Agar jersey tetap awet selama disimpan, sebaiknya hindarkan dari gesekan-gesekan terutama dengan permukaan yang kasar, karena hal tersebut dapat menyebabkan benang-benang jersey tertarik (timbul bulu). Biasanya timbul ketika terjatuh saat Futsal atau di lapangan. Untuk lebih amannya lagi, Anda juga bisa menyimpannya dengan cara digantung untuk menghindari sablon yg terkelupas, atau retak.

Hal-hal yang Harus Dihindari Saat Merawat Jersey

Saat mencuci jersey, sebaiknya hindari memeras jersey dengan cara dipelintir terlalu keras. Hal ini dapat membuat sablonan terkelupas. Ini berlaku baik untuk jersey original maupun jersey lainnya.

Kedua, sebaiknya hindari merendam jersey dalam rendaman berisi air yang diberi deterjen terlalu lama. Anda hanya butuh waktu yang disarankan tidak lebih dari 5 menit untuk merendam jersey tadi.

Ketiga, hindari mencuci jersey dengan mesin cuci. Alasannya mirip, yakni pencucian ini dapat membuat sablonan mudah rusak dan serat kain menjadi keluar. Anda bisa mencuci jersey kesayangan cukup dengan tangan saja.

Keempat, selain tidak disarankan mencuci jersey dengan mesin cuci, sangat disarankan juga untuk tidak mengeringkan jersey lewat mesin pengering.

Terakhir, hindari menjemur jersey kesayangan menggunakan tali jemuran. Alih-alih, sebaiknya gunakan saja hanger. Agar warna jersey tidak mudah rusak, saat menjemur juga sebaiknya di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Cukup angin-anginksan saja jersey hingga kering.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *