Jenis-Jenis Bahan Kaos Bola Dan Kaos Olahraga Lainnya

Bahan kaos bola atau disebut dengan jersey merupakan kain yang dibuat dari jenis tekstil rajutan. Ada yang keseluruhan bahannya terdiri dari serat katun, ada juga yang campuran dari serat sintesis. Ciri-cirinya halus, tidak berbulu dan lebih tebal dibandingkan kain spandex rayon.

Karena sifatnya yang fleksibel, elastic, hangat, mencegah panas badan keluar menjadi alasan tepat untuk dijadikan lapisan pakaian yang digunakan dekat dengan kulit. Selain itu ada banyak pilihan warna, mulai dari warna gelap hingga cerah.

Sekarang sudah banyak bahan jersey untuk kaos bola atau olahraga lainnya yang beredar dipasaran, setiap bahan memiliki karakternya masing-masing. Agar tidak salah beli sebaiknya ketahui ciri dan karakter bahan jersey berikut ini:

Bahan Jersey Hight Twist

Jersey Hight Twist merupakan salah satu jenis jersey yang paling banyak beredar dipasaran. Serat kainnya rapi dan mengkilat, tidak hanya itu ada sekitar 30 jenis macam warna yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Jersey ini banyak disukai karena tidak mudah kusut dan harganya sangat terjangkau.

Jersey ini terbuat dari campuran sintesis, seperti polyester itu sebabnya kadang bahan ini terasa agak panas. Hight twist dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • High twist tenun, ciri-cirinya tidak mudah melar. Umumnya digunakan untuk bahan baju model jas, blazer dsb.
  • High twist kaos, ciri-cirinya mudah melar. Umumny digunakan untuk bahan pembuatan jilbab dsb.

Bahan Jersey Spandex

Jersey Spandex atau disebut dengan spandex korea ini memiliki kualitas yang tinggi. Ciri khasnya adalah: kainnya jatuh, tidka kasar, seratnya terlihat halus, terasa lebih adem dan lembut, tidak mengkilap, warnanya kalem dan soft. Jersey jenis ini harganya lebih mahal dibandingkan dengan jersey jenis lain.

Jersey Stela

Jeresy Stela memiliki target pasar kelas menengah keatas, kualitasnya bagus. Ciri khasnya: adem saat digunakan, keset (tidak licin) namun lebih licin dibandingkan dengan jersey korea, tidak mengkilap, bahannya lembut dan jatuh.

Jersey Etiway

Jersey Etiway bisa dimasukkan ke dalam jenis high twis. Namun perbedaannya adalah berat dan lebarnya. Jersey ini memiliki berat 210 grm dan lebar 180cm. Ciri khasnya: agak mengkilap, bahannya adem, jatuh dan serat rajutnya tidak rapi.

Jersey Scarlet Dan Jersey Serly

Kedua jenis jersey ini harganya paling murah di pasaran, karena kualitasnya lebih rendah dibandingkan dengan jersey yang lain. ciri khasnya: kainnya terlihat kasar, serat tidak rapi, terlihat renggang, bahannya agak dingin dan warnanya kurang terang.

Jersey Serena

Bahan jersey Serena memiliki tektur yang padat dan lembut. Biasanya digunakan untuk baju seragam olahraga anak sekolah. Ciri khasnya: jatuh dan lembut, mudah kering, adem dan memiliki strech yang tingi.

Demikian informasi kain jersey yang banyak digunakan untuk kaos bola atau jenis olahraga lainnya. Dengan artikel ini diharapkan memudahkan memilih bahan kaos sesuai keinginan dan kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *