Perkembangan Kaos Bola Dari Masa Ke Masa

Perkembangan Kaos Bola Dari Masa Ke Masa—kaos bola atau yang biasa disebut dengan jersey, ternyata mempunyai sejarah yang panjang sepanjang sepak bola itu sendiri. Jersey sebuah tim menjadi ikon maupun ciri khas tim mereka sendiri. Sehingga setiap orang mengetahui tim mana bertanding melawan mana, hanya melihat dari jersey mereka.

Ya, kaos bola atau jersey ini telah menjadi bagian dari sebuah tim sepak bola. Keberadaannya bisa dibilang sebagai identias sebuah tim sepak bola. Hampir di setiap musimnya tim-tim sepak bola berganti jersey. Mereka mengupgrade dan memperbarui jersey mereka hingga menambahkan penggunaan teknologi-teknologi mtakhir seperti penempatan desain untuk sirkulasi udara yang lebih baik, hingga mengukur tingkat kelelahan dan jantung seorang pemain.  Tapi tahukan anda, jika penggunaan jersey bola itu baru digunakan pada abad ke-19.

baca juga: Kaos Bola Timnas Indonesia Terbaru

Ya pada tahun 1890 kaos bola setiap klub cepak bola mulai diterapkan. Namun pada saat itu, hanya sebatas membedakan warna saja. Tidak ada nomor punggung apalagi sponsor bahkan logo tm pun tidak tersemat di sana. Benar-benar polos dengan satu warna saja sebagai pembeda. Kala itu bahan yang digunakan sungguhlah berat. Yaitu dari bahan wol dengan jersey berbentuk seragam lengan panjang dan celana juga panjang. Bisa dibayangkan bukan perbedaan jauh jersey awal ini dengan jersey modern saat ini.

Ketika memasuki abad ke 20, yakni tepatnya di tahun 1900- an, penggunaan nomor punggung diberlakuan. Ini sangat berguna dalam membantu wasit dalam mencatat dan mengingat apabila salah satu pemain melakukan pelanggaran ataupun mencetak gol. Di era ini penggunaan bahan katun mulai merebak. Kaos bola pun terasa jauh lebih ringan dibandung pendahulunya.

Penggunaan logo klub berawal pada tahun 1950-an. Bahkan desainnya pun telah beragam dengan berbagai kombinasi warna serta kerah leher yang lebar dan longgar.  Bahan yang digunakan telah jauh lebih ringan. Yaitu penggunaan bahan sintetis.

Pada pertengahan tahun 70-an dunia pertelevisian mulai merambah masuk ke dalam sepak bola. Karena pada saat itu, sepak bola telah menjadi industri yang menarik banyak peminat. Dengan ikut masuknya media televisi ke lapangan sepak bola, maka apparel-apparel olahraga pun mulai menyerbu dunia sepak bola dan mereka memperkenalkan satu persatu jersey bola mereka guna menambah daya tarik sepak bola sekaligus mengiklankan apparel mereke ke selurh penjuru dunia.

Tahun 80-an sponsor mulai nongol di jersey-jersey bola sebuah tim. Tim juga telah memperjualbelikan dengan bebas jersey mereka. Dan bagi para fans itu membuat mereka sangat senang dapat memiliki jersey tim kesayangan mereka.

Perkembangan gila-gilaan terjadi di era millenium ini, dimana jersey bola dijadikan semacam perang teknologi diantara para apparel klub yang memproduksi kaos bola tersebut. Bahan yang digunakan pun telah jauh berkembang lebih ringan dibanding dahulu dengan penggunaan bahan polyster.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *