Tips Memilih Baju Fitness Yang Tepat Dan Nyaman

Membahas fitnees tidak hanya sekedar peralatan yang digunakan, beban yang harus diangkat atau lamanya waktu latihan. Namun penting juga membahas baju fitness yang akan digunakan. Pakaian fitness tidak hanya mempertimbangkan model dan gayanya saja, namun harus mempertimbangkan fungsinya. Karena pakaian yang digunakan bisa mempengaruhi keberhasilan yang ingin dicapai dari program fitness.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda akan membeli atau memilih pakaian untuk fitness.

Sesuaikan Dengan Jenis Fitness

Pilih baju fitness yang sesuai dengan jenis fitness yang Anda pilih,. Jangan sampai salah kostum malah menggunakan kaos bola saat fitness. Pakaian fitness harus mampu mendinginkan tubuh apalagi saat fitness banyak mengeluarkan keringat.

Sesuaikan Dengan Ukuran Tubuh

Hindari menggunakan baju yang terlalu ketat, karena kulittubuh perlu bernapas. Apalagi saat berlatih akan banyak proses pembakaran lemak atau metabolisme. Tapi hindari juga menggunakan baju yang terlalu longgar karena dikhawatirkan nyangkut di peralatan fitness yang digunakan.

Pilih Bahan Baju Yang Nyaman

Pilih baju yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan adem. Baju yang tidak menyerap keringat membuat tubuh merasa panas. Keringat yang menumpuk bisa gatal dan bau apek.

Sesuaikan Dengan Musim/ Cuaca

Agar kegiatan fitness lebih nyaman dan menyenangkan pilih baju sesuai dengan musim, karena jika musim panas Anda tidak akan merasa kepanasan, begitupun dengan musim dingin Anda akan terhindar dari kedinginan. Saat udara/ musim panas pilih baju yang menggunakan bahan kain yang memungkinkan sirkulasi udara keluar masuk. Jika baju yang digunakan nyaman memungkinkan Anda bergerak bebas.

Untuk Wanita, Pilih Bra Khusus Olahraga

Khusus untuk wanita bisa gunakan perlengkapan bra khusus yang bisa membuat lebih nyaman dan mempertahankan bentuk payudara. Pilih bahan sport bra yang tidak menimbulkan luka atau bekas di kulit. Salah satu sport bra yang tepat adalah yang jenis seamless atau bra tanpa dijahit. Sebaiknya jangan gunakan bra yang terbuat dari katun seluruh bagiannya karena mudah basah oleh keringat.

Persiapkan Perlengkapan Lainnya

Selain baju persiapkan juga perlengkapan lainnya yang dibutuhkan, seperti: ikat pinggang khusus fitness, pengaman lutut dan siku serta pelindung kepala (jika diperlukan).

Baju Fitness Khusus Wanita

Baju khusus wanita abisa pilih bahan kaos model tank top. Bisa dipadukan dengan bawahan celana pendek atau legging yang dikombinasikan dengan rok pendek. Jika tidak bisa gunakan bawahan model capris dan palazzo. Lengkapi aktivitas fitness dengan kaos kaki dan sepatu yang sesuai dan nyaman digunakan.

Baju fitness tidak bisa dilihat sebelah mata, karena fungsinya sangat penting guna kenyamanan dan konsentrasi saat berlatih. Selain itu baju yang tepat dan sesuai bisa membuat percaya diri meningkat dan lebih bersemangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *