Tips Memilih Jersey Sepeda yang Nyaman Digunakan

Untuk dapat berolahraga dengan nyaman, tentu harus ditunjang juga dengan pakaian yang nyaman. Apalagi olahraga bersepeda yang membutuhkan banyak gerak yang nyaman serta fleksibel. Pemilihan jersey atau pakaian bersepeda menjadi penting dilakukan. Berikut ini tips memilih jersey sepeda yang nyaman digunakan.

Baca juga: Tips Memilih Jersey Sepeda Yang Berkualitas

Bahan
Sebaiknya pilih jersey sepeda dengan bahan yang berpori atau dryfit sehingga mudah menguapkan keringat. Keringat yang tercipta akan ditarik keluar dan diupakan sehingga cepat kering. Efeknya, Anda akan tetap merasa sejuk, kering dan nyaman saat bersepeda. Dan satu hal pastikan jersey mempunyai zipper atau risleting ¾ atau full zip.(sleting penuh)
Ukuran
Pemilihan jersey sepeda juga dapat mempertimbangkan iklim. Jika digunakan di daerah dengan iklim dingin, maka jersey sepeda dengan ukuran ketat dan menempel ke seluruh tubuh menjadi pilihan tepat, karena akan mengurangi gaya gesek angin. Tetapi, untuk iklim Indonesia yang cenderung panas, sebaiknya pilih jersey sepeda yang agak longgar.

Perlengkapan Jersey

Umumnya, jersey sepeda memiliki tiga kantung standar di belakang. Gunanya untuk menaruh handuk kecil,  peta, makanan ringan atau obat yang diperlukan. Sedangkan kantung tambahan pada punggung bagian bawah adalah standart Jersey sepeda International. Selain perlengkapan pokok tadi, Anda juga bisa membawa ponsel atau kunci. Untuk meletakkan benda ini, Anda butuh kantong dengan zipper agar barang tidak mudah jatuh.

Celana Khusus

Saat bersepeda, jangan lupa selalu gunakan celana khusus dengan padding (busa) yang menempel pada bagian bokong celana, karena pada saat aktifitas sepeda, inilah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan sadel sepeda. Di pasaran ada sangat banyak macam padding yang beredar. Anda bisa memilih sesuai pertimbangan kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Model celana selda umumnya adalah baggie (komprang) dan lycra (ketat). Keduanya dapat Anda pilih, tentu dengan menyertakan padding di bagian belakang. Keduanya memiliki tujuan pemakaian yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Sarung tangan (Gloves)

Sarung tangan yang biasa digunakan untuk  bersepeda umumnya adalah model model half finger (setengah jari) dan Full Finger (sarung tangan penuh). Anda bebas menentukan pilihan  pada model yang mana. Tetapi pastikan memilih sarung tangan dengan padding GEL pada telapakan tangan dari sarung tangan sepeda ini. Hal ini mendapatkan hasil grip dan control yang maksimal pada handlebar. Tidak hanyaitu, fungsi GEL pada telapak tangan sarung tangan sepeda juga untuk mengurangi rasa pegal, panas serta melindungi tangan kita saat kita terjatuh.

Demikian tadi beberapa tips memilih jersey sepeda yang nyaman digunakan. Kenyamanan adalah hal pertama yang harus benar-benar Anda pertimbangkan saat memilih jersey sepeda Anda. Baru setelahnya Anda bisa memertimbangkan unsur modis atau penampilan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *