Tips Memilih Baju Zumba Yang Nyaman

Zumba adalah jenis olahraga senam yang gerakannya seperti tarian dance dengan alunan musik yang cepat dan gembira. Kata zumba sendiri berasal dari bahasa Kolombia yang artinya bersenang-senang dan bergerak dengan cepat. Faktor kenyamanan saat melakukan olahraga ini adalah pemilihan baju zumba yang tepat.

Gerakan senam aerobic yang berbasis tarian ini umumnya diiringi musik latin dan musik lainnya yang iramanya cepat dan sedang. Gerakan pada senam ini dirancang untuk dilakukan berulang kali dan sebagian besar otot tubuh bergerak. Ada banyak manfaat gerakan zumba yaitu melancarkan oksigen dan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Agar gerakan zumba maksimal maka penting menggunakan baju dan celana yang tidak mengganggu saat melakukan berbagai gerakan. Berikut ini beberapa tips cara memilih baju zumba yang tepat.

Baca juga: Berpakaian Modis Pada Waktu Senam Bikin Semangat Semakin Meningkat

Ukuran Yang Pas Di Badan

Tips yang pertama memilih pakaian zumba sama halnya dengan memilih pakaian untuk kebutuhan lain, yaitu ukurannya pas dan sesuai di badan. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu kecil/ ketat dan jangan gunakan pakaian yang terlalu longgar. Sebaiknay pilih pakaian yang elastic, karena bahan tersebut bisa memudahkan Anda bergerak.

Bahannya Mudah Menyerap Keringat

Pertimbangan kedua saat memilih pakaian untuk senam zumba adalah bahannya yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Karena banyak gerakan senam ini yang lincah dan bergerak ke sana ke mari, tentu saja aktivitas tersebut bisa membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan dingin dapat menghindari gatal-gatal, iritas, ruam dan bau apek yang tidak sedap.

Warna Yang Sesuai

Jika senam dilakukan di luar ruangan, Anda bisa memilih warna-warna cerah sesuai dengan gerakan zumba yang energik dan diiringi oleh musik yang cepat. Selan itu warna cerah memiliki sifat memantulkan sinar matahari sehingga tidak menyebabkan suhu tubuh meningkat. Sedangkan jika dilakukan di dalam ruangan tidak masalah baju yang digunakan berwarna gelap.

Perhatikan Modelnya

Selain bahan dan warna, Anda juga harus memperhatikan model pakaian zumba yang akan digunakan. sekarang banyak model pakaian yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Ada yang modelnya terusan, ada juga yang terpisah. Selain itu ada yang modelnya pendek, panjang dan tiga perempat.

Namun sebaiknya hindari menggunakan baju yang memiliki potongan rendah, karena banyak gerakan yang lincah. Kika menggunakan potongan rendah malah membuat tidak nyaman. Selain itu hindari menggunakan kaos, karena tidak cepat melepaskan keringat yang bisa membuat Anda terbebani dengan kaos yang basah karena keringat.

Selain itu hindari menggunakan pakaian daleman model thong. Yaitu pakaian dalam yang hanya seperti garis, biasanya digunakan untuk membuat penampilan pantat terlihat mulus. Tapi celana dalam ini tidak cocok dipakai saat zumba.

Anda boleh memilih model baju zumba yang menarik dan fashionable, namun tetap perhatikan kenyamanan saat dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *