Jenis-Jenis Celana Olahraga Yang Harus Anda Ketahui

Menggunakan pakaian yang nyaman saat olahraga menjadi salah satu syarat agar olahraga menjadi lebih nyaman dan aman. Artinya saat memilih baju dan celana olahraga harus sesuai dengan kriteria pakaian olahraga yang berkualitas.

Selama ini masih banyak orang yang menggunakan kaos malas dan celana pendek untuk berolahraga, sebaiknya Anda ganti dengan memilih pakaian khusus olahraga berdasarkan jenis olahraga yang akan dilakukan.

Sekarang bahan pakaian olahraga tersedia dalam berbagai jenis yang bisa membuat olahraga lebih ekfektif. Berikut ini adalah jenis-jenis celana olahraga yang banyak digunakan:

Baca juga: Jenis-jenis Celana Olahraga

Celana Training

Celana model ini banyak digunakan untuk berolahraga. Secara harfiah celana training adalah celana latihan. Awalnya bahan yang digunakan untuk training adalah katun. Bagian pinggangnya terdapat karet, ada juga celana yang bagian kakinya diberi karet. Karena bahannya dari katun membuat celana terasa berat, apalagi jika basah.

Sekarang celana training mengalami perkembangan dengan menggunakan berbagai jenis bahan, seperti: jersey, parasut dll. Selain dari segi bahan, modelnya pun mengalami perkembangan. Seperti training model boot cut yaitu celana yang bagian betisnya lebar sampai ke tumit. Sedangkan bagian ujung bawahnya terdapat karet.

Selain itu ada juga model gaucho yaitu celana yang modelnya seperti kulot, biasanya terbuat dari bahan kaos elastic. Model celana yang paling banyak digunakan adalah yang modelnya mirip pipa, yaitu yang bentuknya lurus tanpa karet di bagian ujung bawah.

Celana Legging

Ciri-ciri celana legging adalah ketat. Fungsi celana ini adalah untuk melindungi dan menghangatkan kaki saat berolahraga. Biasanya bahan yang digunakan menggunakan: polyester, spandek, dan nilon. Awalnya legging olahraga bentuknya deker, terdiri dari dua bagian terpisah yaitu untuk kaki kanan dan kiri. Namun karena terpisah itulah, deker menjadi kurang efektif.

Akhirnya dibuatlah legging yang bentuknya celana. Sebenarnya, legging digunakanuntuk dalaman untuk pakaian olahraga model rok. Sekarang legging tidak lagi menjadi dalaman, namun menjadi pakaian olahraga itu sendiri. Misalnya untuk olahraga senam, yoga dsb.

Celana Kargo

Celana jenis lainnya yang digunakan untuk olahraga adalah kargo. Celana ini terbuat dari bahan yang hangat dan tebal. Terdapat saku di kiri dan kanan celana. Awalnya celana ini terinspirasi dari model celana tentara. Celana kargo banyak digunakan untuk olahraga di outdoor. Namun sekarang hadir celana yang bisa diguankan untuk senam zumba.

Itulah jenis-jenis celana yang bisa dipilih sesuai dengan jenis olahraga yang akan Anda lakukan. Karena pada dasarnya fungsinya untuk menunjang kegiatan berolahraga, maka pastikan celana yang digunakan membuat nyaman dan memberikan perlindungan ketika berolahraga. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan bermanfaat, khususnya bagi pembaca yang sedang berencana membeli celana olahraga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *