Manfaat Dan Tips Memilih Celana Renang Yang Nyaman

Saat berenang sudah ada ketentuan berpakaian yang digunakan. Biasanya orang yang berenang dianjurkan menggunakan pakaian yang pas di badan. Penggunaan baju dan celana renang ternyata ada manfaatnya. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara memilih celana untuk renang yang nyaman dan berkualitas? Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Baca juga: Tips Memilih Celana Renang yang Nyaman Dikenakan

Manfaat Pakaian Khusus Renang

Pakaian renang yang pas digunakan tidak akan mengganggu gerak tubuh saat berada dikolam. Para ahli mengungkapkan pakaian yang ketat mengurangi daya hambat di dalam air dan membuat gerakan berenang lebih cepat.

Selain itu pakaian khusus renang biasanya menggunakan bahan lcyra atau spandek yang dapat melindungi tubuh terutama kulit dari zat kaporit. Zat tersebut biasanya ditambahkan ke kolam renang fungsinya agar bakteri pathogen yang ada di dalam air mati. Namun zat tersebut jika bercampur dengan keringat dan urine bisa melepaskan zat campuran yang membuat kulit kering.

Nah dengan menggunakan pakaian dari bahan spandex dan lycra bisa melindungi kulit tubuh dari paparan zat kaporit. Selain itu bahan tersebut bisa melindungi tubuh dari sengatan matahari. Itulah manfaat jika berenang menggunakan pakaian khusus renang.

Jenis Celana Berenang Pria

Celana renang untuk pria dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Celana yang bentuknya seperti celana dalam atau brief.
  • Celana renang yang bentuknya seperti celana pendek atau disebut celana boxer.

Celana model boxer ada yang pendek sampai selangkangan, ada juga yang panjang sampai di atas paha. Sekarang sudah banyak warna dan desain celana yang menarik dan terlihat stylish.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahan yang digunakan untuk celana berenang pria adalah bahan yang elastic, seperti: lycra dan spandex. Selain itu ada juga yang terbuat dari bahan nilon, polyamide dan elastane.

Ukuran Dan Harga Celana Berenang

Umumnya celana  yang dijual di pasaran terdiri dari 3 pilihan ukuran yaitu: S, M dan L. Karena termasuk jenis celana khusus yang bahan dan desainnya tidak sembarangan, menyebabkan harga celana ini terbilang mahal dan memerlukan perlakuan khusus. Umumnya harga celana yang berkualitas, dibandrol sekitar Rp 160.000,-sampai Rp 300.000,- . Sedangkan celana yang biasa harganya jauh lebih murah yaitu berkisar antara Rp 35.000,- sampai Rp 50.000,-

Perawatan Celana

Celana berenang pria yang berkualitas harus dirawat dengan perlakuan khusus, contohnya dalam hal mencuci, sebaiknya tidak menggunakan mesin cuci, cukup menggunakan tangan saja. Hindari penggunaan detergen dan bilas hingga bersih. Cara mengeringkannya jangan dibawah sinar matahari langsung, cukup di angin-angin saja dan jangan disetrika.

Hindari menggunakan dry clean yang permukaannya kasar karena bisa menyebabkan celana renang rusak dan bolong. Pemilihan warna celana sebaiknya gunakan yang warnanya gelap, karena jika menggunakan warna putih akan terlihat transparan saat terkena air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *