Ini Dia Jersey Persib Bandung Dari Tahun Ke Tahun

Jersey persib —– Persib Bandung adalah sebuah klub kebanggan bagi rakyat Jawa Barat dan Indonesia. Klub yang bermarkas di Bandung, yang kini dilatih oleh Djajang Nurjaman ini memang menjadi klub dengan fans terbanyak di Indonesia, bahkan Asia, yang biasanya disebut dengan bobotoh.

Klub yang berdiri pada tahun 1933, ini memang telah meraih banyak prestasi selama berlaga di Liga Indonesia. Terakhir mereka mampu menjadi kampiun terbaik, dua tahun berturut-turut, yakni juara Indonesia Super League (2014) dan Juara Piala Presiden (2015).

Dibalik prestasi mereka yang cukup gemilang, banyak sejarah yang tidak boleh dilupakan, yakni menyoal jersey persib dari masa ke masa yang menjadi saksi atas keperkasaan Persib Bandung dalam percaturan sepakbola Indonesia.

  • Liga Dunhill (1994-1996)

Ketika Galatama berakhir dan mulai beralih ke Liga Indonesia pada 1994-1996, Persib menggunakan kostum berwarna biru dominan. Memiliki warna biru dan putih dibagian ketiak bawah sampai pinggang. Selain itu ada motif garis tiga yang merupakan ciri khas dari apparel asal Jerman, Adidas.

  • Liga Indonesia (1997-1998)

Pada musim 97/98 ini terdapat perubahan yang signifikan, logo Persib yang tadinya berada di dada sebelah kiri, kali ini pindah ke sebelah kanan. Jersey ini memilki warna dasar putih dengan garis vertikal berwarna biru. Kerah juga kembali dengan motif straight dengan kancing. Apparel kali ini beralih ke perusahaan olahraga asal Inggris, yaitu Reebok.

  • Liga Indonesia (2000)

Tahun 1999-2000, seragam Persib Bandung kali ini tampil dengan dua warna yang cukup dominan. Putih di bagian dada, dan ke bawah berwarna biru. Apparel Reebok kali ini terdapat pada bagian pundak, dan kerah pun menjadi  model V-neck berwarna hitam.

  • Liga Indonesia (2001)

Memasuki awal tahun 2000, tepatnya musim 00/01 memiliki corak yang unik. Pada jersey home yang kali ini ber-apparel Nike, terdapat maung di bagian depan seragam tim Pangeran Biru. Selain itu motif kerah straight juga menambah gagah tampilan jersey ini.

  • Liga Indonesia (2002-2003)

Pada awal musim 2002-2003, terdapat cerita unik seputar jersey yang digunakan Maung Bandung. Di sepanjang liga bergulir, jersey home berwarna biru muda ini lah yang digunakan. Namun bukan hasil positif yang didapat, tim kebanggaan Wargi Bandung ini justru malah selalu berkutat di peringkat bawah, bahkan sempat menyentuh zona degradasi. Hingga pada empat pertandingan sisa liga, Walikota Bandung saat itu, Aa Tarmana, menginstruksikan supaya Persib kembali menggunakan seragam berwarna jersey persib biru tua. Setelah berganti warna, hasil positif dapat diraih dan Persib bisa selamat dari degradasi. Jersey ini lah yang merupakan pengganti dari seragam Persib yang berwarna biru muda. Kali ini Persib juga berganti apparel menjadi Diadora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *