Sejarah Jersey World Cup Timnas Jepang

Jersey world cup Timnas Jepang — Timnas sepakbola Jepang, memang menjadi langganan perwakilan piala dunia dari benua asia, dalam beberapa tahun terakhir ini, terhitung semenjak tahun 1998 negara ini berhasil menembus piala dunia untuk pertama kalinya, Timnas Jepang menjelma menjadi negara terbaik di benua asia, dalam hal sepakbola.

Banyak para pemain-pemain dari Jepang yang pernah dan kini berlaga memperkuat klub-klub besar dunia, seperti Hidetoshi Nakata, Keisuke Honda, Shinji Okazaki, Shinji Kagawa, Nagatomo, Nakamura dll adalah contoh para pemain Jepang yang pernah memperkuat klub-klub terbaik di dunia.

Baca juga: Daftar Harga Jersey World Cup Terbaru 2017

Dibalik kekuatan Timnas Jepang mengembangkan sepakbolanya, banyak terselip sejarah yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Salah satunya adalah jersey – jersey bersejarah Timnas Jepang diberbagai level sepakbola internasional. Berikut ulasannya.

  • Jersey Saat Piala Asia Jepang 1992

Jersey timnas Jepang yang terlihat menarik dengan motif garis merah-putih ini dipengaruhi oleh beberapa klub J.League yang memperkenalkan jersey baru mereka yang terlihat lebih glamour. Setelah sempat dihilangkan, logo bendera Jepang kembali disematkan namun berbeda dengan sebelumnya yang berada di depan kali ini bendera tersebut disimpan dibagian lengan sebelah kiri.

  • Jersey Saat Kualifikasi Piala Dunia USA  1994

Jersey versi warna putih dari jersey tahun 1992 mulai dibuat di tahun ini namun kali ini Puma yang menjadi produsen bagi timnas Jepang. Jersey ini digunakan ketika Jepang menghadapi kualifikasi Piala Dunia di Amerika Serikat namun sayang Jepang lagi-lagi gagal bermain di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

  • Jersey Saat Kualifikasi Piala Dunia Perancis  1997

Untuk menghadapi kualifikasi Piala Dunia di Perancis, Jepang mulai meninggalkan jersey bersejarah mereka dan mulai mendesain motif baru untuk seragam mereka. Selain mengganti desain logo, sebagai tanda perjuangan mereka yang seperti api berkobar, timnas Jepang memlilih motif api untuk menghias Jersey mereka. Semangat api berkobar yang mereka sematkan pada Jersey akhirnya membuahkan hasil ketika Jepang lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Jepang berhasil mengamankan tiket ke Perancis setelah sukses mengalahkan Iran secara dramatis di partai playoff yang dimaikan di Johor Bahru. Setelah bermain imbang selama 90 menit, Jepang akhirnya bisa memenangkan pertandingan melalui Golden Goal dari Masayuki Okano di menit 118.

  • Jersey Saat Piala Dunia Perancis 1998

Menghadapi Piala Dunia untuk pertama kalinya, timnas Jepang masih memakai jersey world cup motif api seperti pada babak kualifikasi yang membedakan hanya produsen apparel kembali menggunakan Asics dan sedikit perubahan pada bagian kerah. Selain jersey ini dikenal sebagai jersey Piala Dunia pertama timnas Jepang, jersey inipun dianggap sebagai jersey Hidetoshi Nakata Era. Nakata memang tampil luar biasa selama penyisihan grup meski pada akhirnya Jepang tidak sekalipun merasakan kemenangan di Piala Dunia pertama yang mereka jalani.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *