Manfaat Melakukan Senam Aerobik Secara Rutin untuk Kesehatan

Senam aerobik merupakan salah satu jenis senam yang bisa dilakukan untuk berolahraga. Dimana senam jenis ini mudah sekali dijumpai pada kegiatan ibu-ibu di komplek, biasanya dilakukan ketika ada acara khusus seperti di CFD, atau juga bisa dilakukan di kelas olahraga. Seperti olahraga lainnya, jenis senam ini juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan badan apabila dilakukan secara rutin. Adapun beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut ini.

Baca juga: Tips Memilih Baju Senam Aerobik yang Tepat dan Nyaman Dipakai

  • Meningkatkan kinerja jantung

Keuntungan pertama yang bisa dirasakan adalah dapat meningkatkan kinerja jantung. Senam ini merupakan olahraga yang membuat semua anggota badan akan bergerak mengikuti suara musik. Sehingga gerakan badan tersebut akan membuat kinerja jantung lebih baik. Ketika Anda melakukan senam ini secara lebih kurang 20 menit saja, maka hal tersebut merupakan langkah yang sangat baik untuk dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit yang bisa menyerang jantung yang tentu saja hal tersebut sangat menakutkan karena merupakan organ vital sebagai pemompa darah pada tubuh seseorang. Oleh karena itulah untuk tetap mempunyai jantung yang bugar dan sehat, disarankan Anda melakukan senam ini dengan rutin setidaknya seminggu 2 atau tiga kali.

  • Menyehatkan paru-paru

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh seseorang apabila melakukan senam aerobik secara rutin adalah dapat untuk menyehatkan paru-paru. Hal tersebut karena pernafasan saat melakukan senam ini akan lebih optimal, sehingga dapat membuat paru-paru juga bekerja secara optimal. Oleh karena itulah untuk mencegah penyakit paru-paru usahakan untuk tidak merokok dan tentunya melakukan olahraga rutin seperti senam ini.

  • Mengidealkan berat badan

Manfaat lainnya adalah dapat untuk membuat badan menjadi ideal dengan berat badan yang seimbang tersebut, tidak hanya penampilan yang akan bertambah menarik tetapi dari segi kesehatan juga akan lebih baik. Dengan melakukan senam rutin, Anda bisa untuk mendapatkan berat badan ideal karena senam ini dapat membakar lemak dengan optimal. Dengan mempunyai berat badan yang ideal, kesehatan tentu juga akan lebih meningkat dan lebih bugar. Karena tubuh lebih enteng dan mencegah berbagai penyakit yang bisa disebabkan berat badan yang kurang ideal.

  • Menghilangkan stress

Senam aerobik ini bisa membuat Anda lebih bahagia karena dapat menghilangkan stress. Seperti diketahui, bahwa banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh banyak pikiran. Sehingga stress juga menjadi salah satu penyebab banyak penyakit yang berbahaya. Dengan melakukan senam secara rutin, Anda akan dapat menghasilkan hormon endorphin yang lebih banyak. Sehingga akan lebih meningkatkan mood dan menjauhkan stress yang bisa dirasakan. Oleh karena itulah untuk menjaga berat badan dan juga pikiran terjauhkan dari stress, Anda bisa untuk melakukan senam secara rutin.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *