Tips Memilih Baju Zumba yang Nyaman dan Sejuk Dikenakan

Dengan berkembangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga pola hidup untuk mendapatkan hidup yang sehat, berkembang pula berbagai jenis senam sebagai salah satu kegiatan olahraga. Kini bukan hanya senam kesegaran jasmani, atau aerobik saja namun sudah ada senam zumba dan lainnya yang menggabungkan unsur tarian, lagu dengan gerakan-gerakan senam. Dalam senam Zumba, Anda akan melihat gerakan melompat dan gerakan riang serta indah lainnya sehingga sangat menghibur bukan hanya untuk yang melakukan tetapi juga yang melihatnya. Jika Anda sendiri ingin berlatih atau mengikuti jadwal senam zumba yang ada di sanggar senam, yang pertama Anda butuhkan tentu adalah sepasang baju zumba.

Meski senam zumba merupakan senam yang mirip dengan tarian dan terlihat bisa dilakukan dengan menggunakan baju sehari-hari, namun tetap ada beberapa point yang harus diperhatikan agar Anda tidak mengenakan baju yang salah untuk berlatih. Kesalahan menggunakan baju senam bisa mengakibatkan Anda merasa gerah, tidak nyaman, hilang konsentrasi hingga terjadinya kecelakaan atau jatuh akibat baju yang digunakan. Untuk menghindari hal-hal tersebut, berikut ini adalah beberapa point yang harus Anda perhatikan dalam memilih baju untuk digunakan dalam senam zumba.

Baca juga: Inilah Beberapa Referensi Baju Zumba Sederhana dan Tidak Membuat Anda Gerah

  • Model baju.

Senam zumba merupakan senam yang banyak memiliki gerakan riang seperti melompat, merentangkan tangan dan kaki serta gerakan lain yang spontan. Untuk itu diperlukan baju dengan model yang membuat Anda leluasa dalam bergerak. Jika memilih baku yang pas badan maka pilihlah yang elastis sehingga baju tidak mudah sobek. Namun jika Anda lebih nyaman dengan baju longgar maka cobalah terlebih dahulu dengan cara split sehingga memastikan baju Anda pas digunakan untuk melakukan senam zumba.

  • Tempat senam dilakukan.

Jika Anda berlatih senam zumba di sanggar senam yang memiliki sistem pendingin, maka Anda bisa menggunakan baju zumba yang lebih tebal seperti baju kaos atau jaket hodie. Namun jika Anda berlatih di luar ruangan yang lebih panas, menggunakan baju tanpa lengan atau baju lengan pendek yang menyerap keringat akan lebih disarankan.

  • Sesuai dengan kenyamanan.

Yang paling penting pilihlah baju yang membuat Anda nyaman menggunakannya dan menumbuhkan rasa percaya diri meski sedang melakukan gerakan-gerakan senam yang ekstrim. Bagi yang kurang percaya diri, antisipasilah baju yang menyingkap akibat gerakan dengan menggunakan kaos longgar atau kaos yang dimasukkan ke dalam celana.

Beberapa point untuk memilih baju zumba tersebut di atas bisa Anda gunakan sebagai tips untuk menyeleksi baju yang nantinya digunakan saat melakukan latihan senam. Selain baju, Anda juga bisa memilih sepatu apalagi jika latihan di lakukan di luar ruangan yang memiliki alas tanah atau alas tidak rata lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *