Simak Manfaat dari Senam Aerobik untuk Wanita Masa Kini

Wanita merupakan makhluk yang lebih memperhatikan penampilan dibandingkan dengan pria. Berbagai cara dilakukan untuk dapat tampil lebih menarik dan cantik mulai dari kebiasaan pola makan dan kegiatan sehari-hari. Tubuh yang langsing sehat berisi merupakan tujuan yang ingin dicapai semua wanita demi tampil lebih percaya diri. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan mengikuti senam aerobik. Senam yang identik dengan gerakan cepat ini bertujuan untuk membakar lemak-lemak berlebih sehingga tubuh tampil lebih ramping. Namun sebetulnya, senam cepat ini juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk tubuh yang perlu diketahui oleh wanita masa kini agar semakin bersemangat dalam mengikuti kegiatan senam yang seharusnya tidak hanya dilakukan sekali saja.

Senam yang banyak diisi dengan gerakan-gerakan cepat yang dilakukan tangan dan kaki ini bisa memberikan manfaat kesehatan bagi wanita antara lain:

  • Membantu kesehatan jantung.

Dengan ritme senam yang cepat, maka jantung juga akan terbiasa mengikuti sehingga aliran darah lebih sehat dan otot jantung akan lebih elastis yang mengurangi resiko terjadinya penyakit gangguan jantung dan peredaran darah.

  • Membantu elastisitas pembuluh darah.

Gerakan aerobik selain melunturkan lemak juga bisa melunturkan kolesterol yang menempel pada pembuluh darah. Dengan hilangnya kolesterol maka pembuluh darah akan lebih sehat dan bersih sehingga lebih elastis. Hal ini juga akan mengurangi terjadinya resiko darah tinggi bagi Anda yang melakukan senam aerobik secara teratur.

  • Melatih kekuatan pernafasan.

Seringkali seseorang yang jarang berolahraga akan mudah kehabisan nafas ketika harus berlari atau melakukan kerja berat lainnya. Dengan rutin melakukan aerobik secara bertahap maka otot pernafasan akan terlatih sehingga Anda tidak akan mudah kehilangan nafas. Hal ini sangat bermanfaat untuk para perokok atau perokok pasif yang biasanya memiliki resiko pernafasan yang lebih pendek.

  • Melatih kelenturan otot.

Gerakan pada aerobik bukan hanya cepat namun juga menggerakkan banyak otot-otot tubuh sehingga sangat efektif digunakan untuk melatih otot tangan maupun otot kaki. Selain itu punggung juga bisa terlatih dan lebih elastis sehingga akan mempermudah Anda untuk melakukan gerakan tak terduga seperti berbalik atau melakukan kayang.

Apapun tujuan Anda dalam melakukan senam aerobik, lakukanlah senam secara bertahap dan rutin. Bagi Anda yang belum terbiasa atau belum pernah sama sekali sebaiknya memulai sesuai porsinya sehingga tubuh tidak kaget dengan kegiatan senam tersebut. Jika Anda memiliki gangguan kesehatan misalnya darah tinggi atau gula darah yang tinggi, sebaiknya melakukan senam sesuai dengan anjuran dokter kesehatan agar senam tidak justru memperparah kondisi kesehatan Anda. gunakan baju senam yang sesuai agar Anda nyaman ketika melakukan gerakan-gerakan aerobik yang serba cepat dan menantang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *