Menilik Pentingnya Penggunaan Baju Badminton untuk Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang baik dilakukan dan dijadikan kebiasaan rutin setiap hari. Namun sayangnya tak banyak yang menjadikannya kebiasaan meski sudah banyak seruan agar melakukan olahraga sesuai dengan kapasitas waktu yang dimiliki. Lebih banyak orang menyukai olahraga yang dikemas dalam bentuk permainan seperti badminton, futsal, sepak bola atau tenis. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan penghargaan badminton yang banyak di kancah internasional. Badminton menjadi olahraga permainan yang banyak disukai sejak jaman dahulu meski sekarang pamornya dikalahkan oleh permainan futsal. Untuk bermain badminton, tak perlu lapangan yang besar karena halaman rumah saja bisa dimanfaatkan. Selain itu pastinya Anda akan memerlukan baju badminton untuk bisa memainkan smash dan defend dengan leluasa.

Baju olahraga untuk badminton memang sepertinya terlihat semacam dengan kaos biasa, namun ada perbedaan yang dimiliki sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya terutama saat melakukan pertandingan atau latihan profesional. Baju untuk badminton dibuat dari bahan khusus yang mudah menyerap keringat. Pastinya ketika bermain badminton, Anda akan mengeluarkan banyak keringat apalagi saat ingin menjatuhkan lawan tanding. Jika baju yang digunakan tidak menyerap keringat dengan baik bisa jadi si pemain akan merasa kurang nyaman akibat rasa basah dan gerah yang tercipta.

Baca juga: Jersey Volly Berbagai Merek Terbaru

Baju badminton khusus juga dibuat dari bahan yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar kulit si pemain meski sering mengeluarkan keringat namun juga cepat kering dengan adanya aliran udara. Dengan demikian, resiko tumbuhnya jamur baik di kulit maupun di kaos itu sendiri menjadi sangat minim. Sirkulasi udara tak harus ditunjukkan dengan adanya pori hingga baju terlihat berlubang-lubang. Namun dengan penggunaan bahan tertentu sirkulasi akan lebih mudah terjadi dibandingkan menggunakan kaos sembarangan yang tidak di design khusus untuk olahraga.

Meski dimaksudkan untuk digunakan saat latihan olahraga ataupun bertanding, namun baju ini juga bisa dibuat dalam beberapa model. Jika Anda lihat para atlet kita yang bertanding di kancah super series, mereka menggunakan seragam badminton yang keren dengan beberapa model baru seperti:

  • Kaos berkerah.
  • Kaos tanpa lengan.
  • Kaos lengan medium.
  • Motif yang warna-warni dan abstrak.

Jika Anda ingin membuat atau mendesign sendiri baju untuk badminton, maka Anda bisa melihat baju para atlet sebagai referensi.

Baju badminton khusus dijual di toko-toko olahraga dengan kisaran harga Rp. 60.000 hingga ratusan ribu. Anda bisa memilih baju atasan saja atau dengan bawahan yang menjadi satu stel. Untuk wanita, disediakan bawahan berupa celana pendek ataupun rok mini yang lengkap dengan celana dalam. Sesuaikan pemilihan model berdasarkan kenyamanan dan ukuran Anda. Jangan sampai salah memilih model baju olahraga sehingga mempengaruhi kenyamanan dan konsentrasi saat bertanding.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *