Sebelum Senam Aerobik Lakukan Dulu 4 Persiapan Ini!

Bingung memilih olahraga yang tepat? Cobalah untuk mempertimbangkan senam aerobik yang kabarnya dan memang terbukti punya segunung kebaikan bagi kesehatan. Senam jenis ini menggabungkan antara musik dengan irama yang lebih cepat dengan gerakan senam bercampur dansa. Biasanya penikmat senam ini sejak kali pertama mencobanya akan langsung ketagihan karena gerakannya tidak monoton, begitu pula dengan musik yang mengiringinya. Kalau Anda melakukannya sendiri di rumah malah bisa menentukan musik apa saja yang akan diputar sembari melakukan gerakan senam ini.

Lakukan Persiapan Ini Sebelumnya

Sebagaimana olahraga lainnya, olahraga aerobik membuat pelakunya mampu memiliki tubuh yang sehat karena memperbaiki sistem di dalam tubuh. Sebagai bonus, berat badan berangsur-angsur di angka proporsional dan stabil. Tergiur untuk mencobanya? Terlebih dahulu persiapkan beberapa hal ini:

  • Menyiapkan jadwal latihan secara teratur,

Olahraga aerobik memang menuntut tubuh banyak bergerak selama sekitar satu jam atau lebih sedikit. Maka tidak disarankan bagi lansia, kalau Anda masih di usia muda dan memang mampu maka susunlah jadwal latihan. Sebab latihan secara teratur akan memberikan manfaatnya dengan baik, dan jangan berlebihan karena praktisi kesehatan menyarankan aerobik dilakukan maksimal 75 menit per minggu.

  • Menyiapkan baju olahraga yang tepat,

Aerobik adalah olahraga senam sehingga penikmatnya akan melakukan beberapa jenis gerakan yang melatih semua otot di tubuh. Gerakan pun dilakukan dengan tempo cepat kecuali untuk pemanasan dan pendinginan, sehingga perlu mengikuti instruktur senam aerobik tersebut. Kemudian karena tubuh akan aktif bergerak dengan irama cepat maka penting menyediakan baju olahraga yang tepat pula. Sebagaimana senam lainnya usahakan mencari baju olahraga yang ketat agar tidak mengganggu gerakan.

  • Menyediakan sepatu olahraga,

Semua orang yang pernah atau memang rutin melakukan latihan aerobik ini tentu mengakui bahwa banyak gerakannya yang menghentak. Latihan dilakukan di atas lantai bisa pula di atas jalanan beraspal ketika dilakukan di sebuah area car free day. Anda tentu menyadari akan membutuhkan sepatu olahraga, dan bisa disamakan dengan sepatu olahraga lari. Fungsi sepatu ini untuk melindungi kaki agar tidak mudah cedera saat melakukan semua gerakan di dalam aerobik tersebut.

  • Menentukan olahraga di rumah atau studio,

Aerobik seringnya memang dinikmati di dalam studio senam, dijamin di dekat rumah sudah ada beberapa studio senam yang bisa dipilih. Anda bisa mampir dan berlangganan disana untuk bisa latihan aerobik secara teratur. Pilih studio senam yang gerakan aerobiknya sesuai dengan harapan dan terasa mudah untuk diikuti, serta biayanya sesuai jangkauan. Opsional lain adalah menikmatinya di rumah tentunya dengan mengunduh video senam aerobik yang ada di internet. Opsional ini lebih hemat namun perhatikan gerakannya dan pastikan ada pendinginan maupun pemanasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *